Alasan Dishub DKI Terapkan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Bundaran HI

Uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI itu dilaksanakan mulai hari ini, Senin 4 Juli hingga 10 Juli 2022 pukul 16.00-21.00 WIB.

oleh Winda Nelfira diperbarui 04 Jul 2022, 16:37 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2022, 16:36 WIB
Car Free Day Jakarta Diberlakukan Kembali, Warga Membeludak
Foto udara aktivitas warga di kawasan Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2022). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Uji coba rekayasa lalu lintas dilaksanakan mulai hari ini, Senin 4 Juli hingga 10 Juli 2022 pukul 16.00-21.00 WIB.

Plh Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Emanuel Kristanto menjelaskan, rekayasa lalu lintas di Bundaran HI merupakan salah satu upaya memperlancar arus lalin di Jenderal Sudirman Thamrin. Selain itu, juga untuk mengurai kepadatan akibat persilangan (crossing).

"Nah, memang ada salah satu titik krusial yang kami rasa perlu untuk dilakukan penanganan, terutama yang krusial saat ini itu adalah adanya crossing di Bundaran HI, terutama antara kendaraan yang dari arah utara ke selatan dengan kendaraan yang dari arah selatan mau menuju ke timur, ke jalan Imam Bonjol," kata Emanuel kepada wartawan, Senin (4/7/2022).

Emanuel menyatakan crossing tersebut semakin mengganggu menyusul meningkatnya aktivitas masyarakat. Mengingat, di kawasan ini juga terdapat persilangan jalan antara kendaraan dari arah Utara ke Selatan maupun dari arah Selatan menuju arah Timur.

"Kan ada kendaraan bertemu, yang satunya ke kiri kemudian satunya lurus ke selatan. Itu coba kita urai dan kita hilangi," jelas dia.

Menurut Emanuel, kondisi ini diperparah karena meningkatnya mobilitas warga karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah dilonggarkan.

"Kemudian tingkat masyarakat yang WFH juga semakin berkurang, kan sekarang ini sebagian besar sudah aktivitas di kantor, sudah mulai WFO semua, otomatis ini ikut juga berperan dalam peningkatan kondisi lalu lintas," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rute Pengalihan Lalu Lintas

Dikutip dari Berikut Rute Rekayasa Uji Coba Lalu Lintas di Bundaran Hotel Indonesia:

1. Pengalihan lalu lintas dari arah selatan ke timur secara terbatas dan prioritas untuk bus Transjakarta serta rombongan VVIP.

2. Pengalihan arus lalu lintas dari timur ke utara.

3. Lalu lintas dari selatan menuju timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin, putar balik di Bundaran Patung Kuda, atau di depan Kementerian Perhubungan.

4. Lalu lintas dari timur yang akan menuju barat atau utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman, putar balik di Landmark Kolong Sudirman-Jalan Galunggung, belok kiri ke Kuningan BNI, Jalan Jenderal Sudirman, dan seterusnya.

Infografis Alasan Perluasan Sistem Ganjil Genap di Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Alasan Perluasan Sistem Ganjil Genap di Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya