Anies Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di TPU Karet Bivak

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

oleh Winda Nelfira diperbarui 13 Okt 2022, 11:02 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 11:02 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022) (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022) (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

Pada Taman Makam Tokoh Bangsa ini terdapat galeri yang menampilkan 15 foto hingga biografi singkat tokoh bangsa yang dimakamkan bersama masyarakat umum lainnya. Mulai dari sastrawan hingga jurnalis yang dimakamkan di TPU Karet Bivak.

Menurut Anies, Jakarta menjadi tempat di mana begitu banyak aktifitas pergerakan, aktifitas perjuangan hingga aktifitas kebangsaan. Dia menyebut bahwa banyak tokoh bangsa dari berbagai belahan Indonesia yang berkarya dan wafat di Jakarta.

"Di Jakarta, mereka bisa saja lahir dari berbagai belahan Indonesia tapi mereka berkarya di Jakarta dan banyak dari mereka yang sampai akhir hayatnya di Jakarta," kata Anies.

Anies berujar merujuk pada hal itu, muncul ide untuk membangun Taman Makam Tokoh Bangsa beserta galeri yang menampilkan memorabilia para tokoh.

"Kemudian muncul gagasan di mana tempat ini bisa menjadi tempat pembelajaran bagi semua. Biasanya museum yang mengisahkan tokoh itu jauh dari lokasi makamnya," jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies menceritakan bahwa ia meminta jajaran dinas terkait untuk membuat daftar para tokoh bangsa yang dimakamkan di TPU Karet Bivak.

"Dan tokoh itu bukan hanya tokoh politik, tapi juga musisi, bintang film, pemain sepak bola, semua tokoh," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama-Nama Tokoh

Nama-nama tokoh bangsa yang telah ada di galeri Taman Makam Tokoh Bangsa antara lain Pendiri Angkatan Udara RI Suryadi Suryadarma, Tokoh Sastrawan Betawi dan Indonesia S M Ardan, Sastrawan dan Penulis Indonesia Pramoedya Ananta Toer, hingga Tokoh Kemerdekaan dan Politik Indonesia Mohammad Natsir.

Anies menyebut setidaknya ada lebih kurang 80 nama tokoh bangsa yang dimakamkan di TPU Karet Bivak. Adanya Taman Makam Tokoh Bangsa ini, diharapkan dapat menghormati jasa-jasa para tokoh

"Kami berharap nantinya isi dari galeri ini bisa dilengkapi. Sekarang baru diisi 15 nama," ujar dia.


Lokasi

Adapun, Taman Makam Tokoh Bangsa berlokasi di TPU Karet Bivak, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat memiliki luas lahan 1.310 meter persegi dengan konsep modern. Kemudian luas bangunannya mencapai 980 meter persegi yang terdiri dari dua lantai.

Diketahui, luas keseluruhan TPU adalah 16 hektar dengan 63.000 petak makam yang terdiri dari masyarakat umum hingga tokoh. Pada bagian dalam gedung terdapat ruang galeri yang akan digunakan untuk memamerkan informasi digital para tokoh bangsa.

Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya