4 Fakta Terkait Kabar Mundurnya Zainudin Amali Sebagai Menpora Usai Jadi Waketum PSSI

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjadi sorotan usai terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Waketum PSSI).

oleh Devira Prastiwi diperbarui 21 Feb 2023, 11:59 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2023, 11:57 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir Gandeng Kapolri Beri Kartu Merah untuk Mafia Bola
Menpora Zainudin Amali (kanan) memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/2023). "Kita vonis kartu merah untuk para mafia bola. Sepakbola kita sulit berkembang selama mafia pengatur skor belum kita tendang," ujar Erick dalam keterangan persnya di media center Stadion Utama Gelora Bung Karno, hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjadi sorotan usai terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Waketum PSSI) dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang dihelat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis 16 Februari 2023.

Zainudin Amali sejatinya tak menjadi kandidat Waketum PSSI dengan perolehan suara terbanyak dalam bursa pemilihan. Ia hanya mengoleksi 44 vote dari pemilik suara, kalah dibanding dua calon lain, yaitu Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi, yang masing-masing mengantongi 54 serta 53 suara.

Meski begitu, jalan Zainudin Amali untuk naik ke kursi tertinggi nomor dua federasi mendadak terbuka setelah Yunus Nusi memutuskan mundur. Ia langsung diangkat menjadi waketum 1 lantaran diklaim memiliki pengalaman lebih lama di sepak bola.

Situasi tersebut membuat Menpora kini memiliki jabatan rangkap. Tak hanya mengurusi sepak bola bersama Erick Thohir, ia juga masih menempati posisi menteri yang membawahi olahraga secara keseluruhan dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo.

Belakangan berembus kabar yang menyebut Zainudin Amali bakal segera melepas titel 'Menpora', menyusul pengangkatan dirinya sebagai Waketum PSSI. Ia juga disebut bakal menghadap presiden dalam waktu dekat.

Zainudin Amali sendiri tak menampik rencana pertemuannya dengan sang kepala negara. Namun rupanya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku, Zainudin Amali sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menpora.

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Partai Golkar pun yang menaungi Amali telah angkat bicara. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menunggu arahan dari Presiden Jokowi terkait pengganti Menpora Zainudin Amali. Adapun Amali ingin lebih fokus mengurus sepak bola, usia terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

"Kita tunggu arahan Bapak Presiden (soal nama pengganti Menpora)," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 20 Februari 2023.

Berikut sederet fakta terkait kabar akan mundurnya Menpora Zainudin Amali usai terpilih menjadi Waketum PSSI dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Lapor ke Presiden

Hitung Mundur 100 Hari Piala Dunia U-20 2023
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali memberikan sambutan saat acara hitung mundur 100 hari Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (09/02/2023). Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei 2023 mendatang di Indonesia. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjawab kabar dirinya akan mundur dari jabatan menteri, usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Amali mengatakan dirinya harus melapor terlebih dahulu kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Enggak, saya mau lapor dulu, nunggu setelah itu. Kita lapor dulu dong, kan kita pembantu presiden," kata Amali kepada wartawan di sebelum menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023).

Amali menyampaikan dirinya tidak bisa memutuskan sendiri, meski memiliki keinginan untuk mundur dari jabatan Menpora. Untuk itu, dia harus melapor dulu kepada Presiden Jokowi.

"Enggak ada kita memutuskan sendiri walaupun ada keinginan gitu lo. Kalau toh itu menjadi keinginan, tapi etikanya sebagai pembantu presiden harus lapor dulu kepada presiden. Kita KLB, kemudian kebijakan beliau seperti apa," jelasnya.

Adapun kedatangan Amali ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk menghadap Presiden Jokowi sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Jokowi juga memanggil Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Iya, kita diundang, ketua umum, wakil ketua umum, sama semua Exco (PSSI)," ucapnya.

Dia belum mau mengungkapkan apa saja yang akan disampaikan oleh PSSI kepada Jokowi dalam pertemuan tersebut. Amali menyebut PSSI juga akan mendengarkan arahan-arahan dari Presiden Jokowi.

"Iya Pasti Pak presiden akan memberikan arahan, jadi diawali kita dulu," tutur Amali.

 


2. Menpora Diizinkan Presiden Urus Sepak Bola

Erick Thohir Terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam KLB PSSI 2023
Ketua PSSI, Erick Thohir, bersama Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dirinya yang ingin fokus terhadap sepak bola, usai menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Dia menyebut Presiden Jokowi mengizinkannya konsentrasi dan fokus ke sepak bola di PSSI.

"Tadi saya secara pribadi sudah melapor kepada Bapak Presiden dan tentu juga beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI dan beliau menyerahkan kepada saya," kata Amali usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023).

"Saya sampaikan kepada Bapak Presiden, Bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI dan itu dipahami oleh beliau. Dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," sambungnya.

Amali menuturkan, Presiden Jokowi mempersilakan dirinya mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Ketua Umum II Ratu Tisha, untuk mengurus sepak bola di Indonesia. Jokowi tak mempermasalahkan keinginan Amali.

"Pokoknya saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepak bola," tutur dia.


3. Partai Golkar Tunggu Arahan Presiden soal Pengganti Zainudin Amali

3 Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Bersatu Sampaikan Keterangan Pers Bersama
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan usai pendaftaran di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Pendaftaran bersama tiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN, dan PPP tak hanya membuktikan bahwa KIB solid, tetapi sekaligus mengungkap harapan publik terkait semangat persatuan yang terus dikedepankan oleh KIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Adapun Amali ingin lebih fokus mengurus sepak bola, usia terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

"Kita tunggu arahan Bapak Presiden (soal nama pengganti Menpora)," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 20 Februari 2023.

Zainudin Amali sendiri sudah mengutarakan keinginannya tersebut kepada Presiden Jokowi. Sementara Airlangga belum berbicara lagi dengan Zainudin Amali, setelah Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar itu bertemu Jokowi.

"Saya sesudah Pak Amali pulang dari presiden, belum bertemu," ujarnya.

Kendati begitu, Menko Perekonomian ini menyerahkan sepenuhnya soal pergantian Menpora kepada Presiden Jokowi. Pasalnya, pergantian menteri merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Hak prerogatif Pak Presiden," jelas Airlangga Hartarto.

 


4. Jokowi Sudah Terima Pengunduran Diri Menpora Zainudin Amali Secara Informal

Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Logistik Untuk Korban Gempa Turki Suriah
Presiden Joko Widodo saat melepas bantuan tahap tiga untuk penanganan gempa di Turki dan Suriah di di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Jokowi mengungkapkan pemerintah Indonesia sebelumnya telah mengirimkan tim SAR dan tim medis dan rumah sakit lapangan untuk korban gempa Turki dan Suriah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Zainudin Amali sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Namun, Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi.

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Dia belum mau berbicara soal Menpora pengganti Zainudin Amali. Hal itu, kata Jokowi, akan diputuskan setelah Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri secara resmi.

"Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," tandas Jokowi.

Infografis Waketum dan 12 Anggota Exco Terpilih PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Waketum dan 12 Anggota Exco Terpilih PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya