Uji Coba Transjakarta ke Bandara Soetta Diperpanjang, Yuk Simak Jadwalnya

Sebelumnya, PT Transjakarta mendapati antusias yang tinggi dari warga yang menggunakan layanan armada Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) usai tiga pekan masa uji coba.

oleh Winda Nelfira diperbarui 01 Agu 2023, 18:55 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 18:55 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo
Kadishub DKI Jakarta Syafrin ditemui usai menghadiri Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2023). (Foto:Liputan6/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menambah jam operasional Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Keputusan ini diambil usai dilakukan evaluasi layanan sejak tiga pekan diuji coba.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo ditemui usai menghadiri Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2023).

"Hasil evaluasi kita sudah melakukan beberapa penyesuaian seperti, contoh operasionalnya jam 06.00-09.00 WIB jadi jam 05.30 - 09.05 WIB. Sorenya 18.00-21.00 WIB berubah jadi 16.30-21.05 WIB, itu penyesuaian," kata Syafrin.

Menurut Syafrin, keputusan ini juga berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada para penumpang yang mengakses layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta. Mayoritas penumpang didapati bekerja di lingkungan Bandara Soetta.

"Dari sisi operasional, hasil survei pelanggan itu menyampaikan masukan untuk bisa mengakomodir pola perjalanan mereka yang membutuhkan, untuk bekerja di Bandara Soetta," ucap dia.

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mendapati antusias yang tinggi dari warga yang menggunakan layanan armada Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) usai tiga pekan masa uji coba dilakukan sejak Rabu, 5 Juli 2023.

Tercatat, total sebanyak 14.222 orang naik layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta hingga Sabtu, 29 Juli 2023. Diketahui, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa uji coba yang sedianya berakhir pada 26 Juni 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Setiap Uji Coba Angka Pelanggan Transjakarta Naik Setiap Harinya

FOTO: Menjajal Bus Listrik Transjakarta saat PPKM Level 1
Bus listrik Transjakarta melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (4/11/2021). Layanan uji coba bus listrik Transjakarta berpelanggan rute Blok M-Balai Kota beroperasi lebih awal mulai pukul 05.00-21.30 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph mengatakan, sejak pertama kali uji coba dilakukan, angka pelanggan mengalami kenaikan setiap harinya. Pelanggan tertinggi harian mencapai 733 orang yang dilayani oleh layanan berkode SH1 ini.

"Kami berharap layanan ini tidak hanya mempermudah karyawan yang bekerja di kawasan bandara, baik untuk berangkat maupun kembali pulang ke rumah masing-masing, tetapi juga memudahkan masyarakat umum untuk beraktivitas di sepanjang jalur yang dilintasi," kata Joseph dalam keterangan resmi, dikutip Minggu, 30 Juli 2023.

Adapun pada uji coba ini, Transjakarta menyediakan sebanyak lima unit bus tipe low entry yang memudahkan pelanggan disabilitas maupun yang membawa barang saat beraktivitas.

"Selama masa uji coba, pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan tap in maupun tap out menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) tanpa dikenakan tarif atau gratis," kata Joseph.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya