Rombongan Bus Study Tour SMPN 3 Depok Alami Kecelakaan di Tol Cipali

Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, SMP Negeri 3 Kota Depok kelas 8 sedang melakukan study tour dengan didampingi tenaga pendidik. Kecelakaan tersebut berawal dari rombongan bus enam dan tujuh melakukan konvoi di tol Cipali.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 06 Okt 2023, 00:05 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2023, 00:05 WIB
Ilustrasi kecelakaan (Istimewa)
Ilustrasi kecelakaan (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan study tour SMP Negeri 3 Depok tujuan Yogyakarta mengalami kecelakaan di jalan tol Cipali KM 57. Dua bus rombongan yang mengangkut kelas 8 bertabrakan diduga akibat penyempitan jalan di tol tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, SMPN 3 Depok kelas 8 sedang melakukan study tour dengan didampingi tenaga pendidik. Kecelakaan tersebut berawal dari rombongan bus enam dan tujuh melakukan konvoi di tol Cipali.

“Kejadian berawal kondisi jalan tol lagi diperbaiki, konvoi bus rombongan,” ujar Siti kepada Liputan6.com, Kamis (5/10/2023).

Siti menjelaskan, saat bus melakukan konvoi terdapat sebuah mobil box menyalip bus yang berada pada bagian depan. Dikarenakan menyalip, membuat bus rombongan bagian depan melakukan rem mendadak.

“Akibatnya bus yang belakang kaget dan menabrak bagian belakang bus yang di depannya,” jelas Siti.


Bus Alami Kerusakan Parah

Ilustrasi Kecelakaan Mobil
Ilustrasi Kecelakaan Mobil (iStockPhoto)

Akibat kecelakaan tersebut bus yang berada di belakang mengalami kerusakan pada bagian depan bus. Sedangkan bus yang tertabrak tidak mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Tidak ada korban pada kecelakaan itu, hanya bus yang berada di belakang rombongan bus depan mengalami kerusakan,” ucap Siti.

Akibat kerusakan bus pihak travel mengkonfirmasi pihak penyedia bus untuk meminta bus pengganti. Dua bus yang mengalami kecelakan menepi di exit tol Subang sambil menunggu bus pengganti untuk melanjutkan perjalanan kembali.

Alhamdulillah bus pengganti datang dan tadi sebelum maghrib sudah sampai hotel,” terang Siti.


Diduga Akibat Rem Mendadak

Sementara, Kepala SMPN 3 Depok, Ety Kuswandari mengatakan, kecelakaan rombongan bus SMP Negeri 3 Depok, hanya melibatkan rombongannya. Kecelakaan diakibatkan terdapat sebuah mobil yang menyalip rombongan SMP Negeri 3 Depok.

“Hanya antar bus kita yang mengalami kecelakaan, rem mendadak akibat mobil menyalip sehingga terjadi benturan,” ujar Ety.

Usai kejadian tersebut dilakukan penggantian bus sehingga rombongan SMPN Negeri 3 Depok melanjutkan kembali perjalanannya sesuai tujuan. Saat ini, rombongan tersebut sudah sampai di wilayah Jawa Tengah.

“Rombongan sekarang sudah sampai di Klaten,” pungkas Ety.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya