Mulai Dibangun, LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Ditargetkan Rampung 2026

LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai menjadi kelanjutan dari proyek LRT Jakarta Fase 1A Velodrome-Pegangsaan Dua. LRT Jakarta Fase 1A rampung dibangun dan memiliki enam stasiun, yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, serta Stasiun Velodrome.

oleh Winda Nelfira diperbarui 30 Okt 2023, 12:25 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2023, 12:25 WIB
Mulai Dibangun, LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Ditargetkan Rampung 2026
Groundbreaking atau peletakan batu pertama pertanda mulai dibangunnya proyek Light Rail Transit (LRT) Fase 1B Velodrome-Manggarai, Senin (30/10/2023). Proyek LRT Velodrome-Manggarai ini ditargetkan rampung pada 2026. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Groundbreaking atau peletakan batu pertama pertanda mulai dibangunnya proyek Light Rail Transit (LRT) Fase 1B Velodrome - Manggarai resmi dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat. Proyek LRT Velodrome-Manggarai ini ditargetkan rampung 2026.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, LRT Jakarta Fase 1B Velodrome -Manggarai bakal punya lima stasiun, antara lain Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

"Rawamangun - Pramuka (target selesai) September 2024 tapi sampai Manggarai (selesai) di 2026," kata Heru di kawasan Stasiun Velodrome, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (30/10/2023).

Heru menyampaikan, total dana yang dikucurkan untuk proyek LRT Fase 1B Velodrome - Manggarai sebesar Rp5,5 triliun, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Oleh sebab itu, Heru berpesan agar proyek dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

"Harus berkualitas, bagus," ujar Heru.

Adapun LRT Jakarta Fase 1B Velodrome - Manggarai menjadi kelanjutan dari proyek LRT Jakarta Fase 1A Velodrome - Pegangsaan Dua.

LRT Jakarta Fase 1A rampung dibangun dan memiliki enam stasiun, yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, serta Stasiun Velodrome.

Heru menyebut, apabila digabung secara keseluruhan panjang trase proyek LRT Jakarta Fase 1A dan 1B menjadi 12,2 kilo meter (km). Nantinya perjalanan dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu 26 menit saja.

"Nakan dilakukan pembangunannya dan sepanjang jalur 12,2 km dan dapat ditempuh selama 26 menit," ucap Heru Budi Hartono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menhub BKS Wakili Jokowi Grondbreaking LRT

Groundbreaking LRT Jakarta Velodrome-Manggarai.
Groundbreaking LRT Jakarta Velodrome-Manggarai. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mewakili Presiden Jokowi, saat melakukan groundbreaking LRT Phase 1B Velodrome-Manggarai. Budi optimis, LRT Phase 1B ini akan menjadi percontohan yang baik bagi kota-kota di provinsi lain dalam hal transportasi publik.

“LRT menjadi angkutan perkotaan dan akan menjadi contoh bagi provinsi-provinsi yang lain oleh karena sesuai dengan amanah pak presiden, jangan berhenti untuk tidak berpikir angkutan umum perkotaan itu adalah keharusan,” kata Budi di Kawasan Velodrome Jakarta Timur, Senin (30/10/2023).

Budi optimis, kehadiran LRT Phase 1B akan menurunkan kemacetan dan membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami tadi berbincang bahwa dengan adanya ini nanti sampai ke Manggarai maka integrasi daripada MRT, KRL bahkan kereta cepat itu menjadi lebih baik sehingga warga-warga bisa menggunakan itu,” yakin Budi.

 


Singgung Keputusan Jokowi Bangun MRT

Jokowi mencoba kereta mrt menuju stasiun lebak bulus
Presiden Joko Widodo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi turun dari kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Budi mengakui, pengerjaan proyek dilakukan tahap demi tahap. Namun dia meminta Heru Budi Hartono yang saat ini menjabat sebagai penjabat Gubernur DKI Jakarta tidak menyia-nyiakan masa baktinya yang hanya satu tahun.

“Pak Heru menyelesaikan satu tahap kita harus tepuk tangan, karena beberapa tahun pun kalau tidak ada niat tidak akan terjadi,” tegas Menhub Budi.

Budi lalu menyinggung keputusan Presiden Jokowi soal proyek MRT Jakarta. Menurut dia, grand design sudah dikerjakan namun eksekusi pimpinan yang belum ada hingga baru di era Presiden Jokowi hal itu direalisasi.

“MRT sudah dijelaskan tapi tidak pernah dimulai, tapi baru saat era Presiden Jokowi,” bangga Budi. 

Budi berharap, proyek lain yang bertujuan untuk kepentingan publik bisa terus terlaksana. Sebab nilai guna dan fungsi diperuntukan guna kebaikan massal.

“Saya yakin DKI punya dedikasi, DKI punya kemampuan finansial dan DKI memiliki satu niat baik yang bisa menjadi contoh di seluruh Indonesia,” Budi menandasi.


LRT Hanya Operasikan 9 Kereta

LRT Jabodebek
Light rail transit (LRT) Jabodebek saat mengikuti uji coba operasional terbatas, Jakarta, Minggu (27/08/2023).(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, pengoperasian awal LRT Jabodebek kembali menemui kendala pasca hanya bisa mengoperasikan 9 rangkaian kereta atau trainset. Pasalnya, dari total 29 trainset yang ada, sebanyak 20 rangkatan LRT Jabodebek harus menjalani perawatan.

Keterbatasan ini turut memangkas pengoperasian LRT Jabodebek, dari sebelumnya 234 perjalanan setiap hari menjadi 131 perjalanan LRT setiap hari. Waktu tunggu atau headway antar kereta pun jadi molor hingga 1 jam, dari sebelumnya hanya 15 menit.

Manajer Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, keterbatasan moda tersebut membuat waktu tunggu kereta lebih lama empat kali lipat di jam non sibuk (peak hours).

"Kami saat ini menjalankan sebanyak 9 trainset. Sehingga kami mengatur perjalanan pada hari kerja dengan mengurangi frekuensi pada non peak hours di antara jam 10.00-15.00 WIB, keberangkatannya menjadi sekitar 1 jam," ujar Kuswardoyo, Jumat (27/10/2023).

Imbasnya, LRT Jabodebek juga harus memperpanjang jam pengoperasian dengan keberangkatan terakhir menjadi pukul 20.12 WIB.

"Jadi kami mengatur ulang jadwal perjalanan dengan mengurangi perjalanan di non peak hours, maka keberangkatan di jam tersebut menjadi 1 jam," imbuh Kuswardoyo.

Infografis LRT Jabodebek
Infografis LRT Jabodebek (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya