Jenderal Agus Subiyanto Akan Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan

DPR berharap untuk fit and proper test calon Panglima TNI dapat selesai dalam satu hari. Sehingga, bisa langsung melakukan verifikasi melihat kediaman Jenderal Agus Subiyanto.

oleh Muhammad Ali diperbarui 07 Nov 2023, 14:41 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2023, 14:40 WIB
Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023) (tniad.mil.id)
Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023) (tniad.mil.id)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani telah menerima surat presiden (Surpres) terkait penggantian calon panglima TNI. Melalui surat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Terkait dengan hal itu, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, nantinya akan dilakukan fit and proper test terlebih dahulu pada pekan depan.

"Kalau Bamus belum. Tapi Bamus minggu ini. Jadi kalau enggak hari ini besok atau lusa, pokoknya minggu ini. Awal pekan depan kita langsung fit and proper," kata Meutya kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Lalu, terkait dengan pengesahan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI diserahkan kepada pimpinan DPR RI.

"Kalau pengesahan nanti itu ranah pimpinan DPR, mau dibawa ke paripurnanya kapan. Tapi kan kalau lihat prosesnya 21 hari berarti ya sebelum di tanggal 21," ujarnya.

Kemudian, untuk fit and proper test nanti diharapkan akan selesai dalam satu hari saja. Sehingga, bisa langsung melakukan verifikasi seperti melihat kediaman atau rumah dari eks Wakasad.

"Oh kalau fit and proper iya. Mudah-mudahan selesai satu hari. Kalau memang selesai satu hari, kita juga akan, biasa kan, verifikasi faktual untuk melihat kediaman beliau," jelasnya.

"Jadi itu kita selesaikan semuanya minggu depan. Mudah-mudahan di awal minggu sudah beres semua kalau yang di Komisi I," sambungnya.

Meutya yang merupakan kader dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini ingin agar Agus dapat bersifat netral dalam tahapan Pemilu saat nanti resmi menjabat sebagai Panglima TNI.

"Beliau kan sebenarnya sudah lama ya, dari dulu. Wakasad juga cukup lama kita kenal dan Dandim, Danrem, Pangdam. Jadi rata-rata kalau track record, kemampuan, kompetisi itu sudah selesai lah karena sudah ditunjukkan dari posisi jabatan beliau yang sudah beliau jalankan," ungkapnya.

"Tinggal nanti ke depan bagaimana ini menjadi pemilu, netralitas pemilu seperti apa, profesionalisme TNI seperti apa, karena kita juga consent modernisasi alutsista. Tapi juga bagaimana sumber daya prajurit kita ini lebih profesional. Kurang lebih seputar itu," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terima Supres Penggantian Panglima TNI

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku telah menerima surat presiden (Surpres) terkait penggantian panglima TNI. Melalui surat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Agus Subiyanto akan menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada akhir November 2023.

“Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Nama yang diusulkan oleh presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angakatan Darat (KSAD)" kata Puan saat konferensi pers di Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10).

Puan mengatakan, DPR akan menindaklanjuti usulan Jokowi melakukan mekanisme sesuai dengan aturan yang telah berlaku.

"DPR akan memulai proses dari mekanisme DPR untuk menindaklanjuti surat usalan pengganti calon panglima TNI tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme di DPR," jelasnya.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

 

Infografis Profil dan Rekam Jejak Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Profil dan Rekam Jejak Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya