Gus Ipul Minta Seluruh Personel Satpol PP di Kota Pasuruan Tingkatkan Kedisiplinan

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mendisiplinkan diri sendiri sebelum menegakkan disiplin di tengah-tengah masyarakat.

oleh Fachri pada 05 Apr 2024, 11:30 WIB
Diperbarui 05 Apr 2024, 11:30 WIB
Gus Ipul.
Gus Ipul saat memimpin apel bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan di lapangan gedung kesenian Darmoyudo, Jumat (5/4/2023). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Pasuruan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mendisiplinkan diri sendiri sebelum menegakkan disiplin di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, jika hal itu dilakukan, akan timbul rasa hormat dari orang lain dan segala yang dilakukan akan diikuti oleh masyarakat.

"Para personel Satpol PP meningkatkan disiplin mulai dari hal-hal kecil, seperti bagaimana kedisiplinan diterapkan dalam presensi kehadiran, disiplin melaksanakan tugas sesuai prosedur, hingga disiplin mengelola anggaran beserta administrasinya," ucapnya saat memimpin apel bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan di lapangan gedung kesenian Darmoyudo, Jumat (5/4/2023).

Gus Ipul mengatakan, kinerja Pemkot Pasuruan yang sudah baik akan sangat disayangkan jika tertutupi oleh ketidakdisiplinan yang dilakukan, baik dari aparaturnya sendiri maupun masyarakat. Ia mengungkapkan bahwa kinerja Satpol PP sangat mudah terlihat ketika masih ditemukan banyak pelanggaran peraturan daerah oleh masyarakat.

"Kerja Anda akan mudah terlihat, misalnya di perempatan masih banyak pengemis, pengamen, yang itu sebenarnya harus ditertibkan, maka kinerja Satpol PP bisa dikatakan kurang maksimal," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manajemen Personel yang Tepat

Satpol PP.
Satpol PP di Kota Pasuruan. (Foto: Istimewa)

Gus Ipul pun menginginkan peningkatan kinerja di tubuh Satpol PP. Ia menegaskan bahwa harus ada manajemen pengelolaan personel yang tepat.

"Saya berharap kerja panjenengan semuanya lebih fokus. Bikin mekanisme dan sistem kerja yang membuat masyarakat merasa bahwa Satpol PP ini bekerja. Perbanyak Patroli," ujarnya.

Gus Ipul juga yakin bahwa dengan semakin seringnya patroli dilakukan, maka masyarakat akan berpikir dua kali ketika akan melakukan pelanggaran, terutama bagi para oknum pelanggar peraturan yang sering ditemukan di kawasan alun-alun.

"Satpol PP ikut berkomitmen menjaga ketertiban di kawasan alun-alun, baik kedisiplinan pengunjung, PKL, maupun pengamen, terlebih menjelang libur Lebaran yang diprediksi akan menyedot banyak pengunjung di alun-alun Kota Pasuruan," ucapnya.

"Tolong ini dijadikan catatan serius. Saling mengingatkan antar personel. Jika ada personel yang melanggar, jangan ikut-ikutan, harus dinasehati," jelas Gus Ipul.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya