Ketum Golkar Airlangga Bakal Bertemu Kaesang Hari Ini, Bahas Apa?

Airlangga enggan menjelaskan soal hal yang akan dibahas bersama Kaesang. Dia mengatakan dirinya akan mendengar rencana putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pilkada 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 11 Jul 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2024, 06:30 WIB
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto menerima kunjungan Ketum PSI Kaesang Pangarep.
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto menerima kunjungan Ketum PSI Kaesang Pangarep. (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan bertemu Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep pada Kamis, (11/7/2024) hari ini. Pertemuan akan digelar di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, pukul 17.00 WIB.

"(Bertemu Kaesang) Jam 5 (sore) di DPP," kata Airlangga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Dia enggan menjelaskan soal hal yang akan dibahas bersama Kaesang. Airlangga mengatakan dirinya akan mendengar rencana putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pilkada 2024.

"Saya belum dengar, belum ketemu. Jadi besok kita dengar," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyambangi markas DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta Selatan. Kaesang tiba sekira pukul 16.00 WIB dengan menggunakan mobil Fortuner hitam.

"Assalamualaikum," kata Kaesang yang disambut jawaban Walaikumsalam oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu di lokasi, Senin (8/7/2024).

Kaesang mengaku punya alasan khusus, mengapa PKS menjadi yang kali pertama untuk di tingkat pusat sebagai partai yang disambanginya dalam momentum Pilkada 2024.

Menurut dia, belum banyak diketahui bahwa partainya dan PKS sudah bersepakat untuk berkolaborasi untuk mengusung dan mendukung calon kepala daerah di Banten, Lebak dan Bekasi untuk Pilkada 2024.

"Saya rasa kan kita sudah ada kerja sama tadi seperti yang saya bilang ada di Banten, dan Kabupaten Lebak. Ada kemungkinan Bekasi juga. Nanti wali kotanya dari PKS, wakil walikotanya nanti dari PSI,” kata Kaesang saat menyambangi Markas Pusat dari PKS di Jakarta, Senin (8/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kerja Sama Serius

Kaesang Pangarep Sambangi Markas Golkar
Menurut Juli Antoni, Kaesang berniat meminta nasihat dari Airlangga yang merupakan salah satu tokoh senior perpolitikan Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kaesang memastikan, kerja sama partainya dan PKS menjadi hal yang serius. Tujuannya, semata demi kebaikan bangsa dengan memilih kepala daerah yang akan disepakati bersama.

“Tapi ya itu yang kita sedang jajaki semua, kita saling berkolaborasi untuk kebaikan bangsa ini dan saya pribadi juga akan berkomunikasi dengan partai-partai yang lain terkait Pilkada,” jelas dia.

Senada dengan itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan partainya terus melakukan pemetaan kursi-kursi di seluruh daerah mulai dari tingkat provinsi, kota hingga kabupaten untuk melakukan kerja sama mencalonkan sosok kepala daerah. Salah satunya, dengan PSI.

“Untuk kerja sama di daerah-daerah yang lain (dengan PSI), kita akan inventarisir, nanti daerah mana yang kita juga ada kursinya bagus dan juga di daerah itu ada juga kursi PKS juga bagus, kita akan coba pertemukan,” ujar Syaikhu.

 


Tak Tutup Kemungkinan

Namun demikian, jika kursi PKS dan PSI tidak memungkinkan untuk menyodorkan calon kepala daerah sendiri sebagai kepala dan wakil, Syaikhu tidak menutup kemungkinan untuk tetap bersama PSI dalam mengusung bersama sosok kepala daerah tersebut.

“Jadi jika memang kursi kita tidak memungkinkan karena kecil, ya kita mungkin dalam mengusung bersama kepala daerah atau wakil kepala daerah,” dia menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya