Jokowi: Anak-Anak Harus Disiapkan Kepintaran dan Karakternya

Jokowi ingin anak-anak Indonesia tak hanya pintar dan pandai saja, namun juga memiliki wawasan yang luas.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Jul 2024, 08:59 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 08:58 WIB
Jokowi-Iriana Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Papua, Disambut Ribuan Pelajar
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional di Istora Papua Bangkit, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (23/7/2024). Total ada 6.000 pelajar se-Papua yang hadir dalam acara ini. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar anak-anak Indonesia disiapkan kepintarannya dan karakternya. Jokowi ingin anak-anak Indonesia tak hanya pintar dan pandai saja, namun juga memiliki wawasan yang luas.

Hal ini disampaikan Jokowi usai menghadiri Peringatan Puncak Hari Anak Nasional ke-40 di Istora Papua Bangkit, Kota Jayapura, Selasa (23/7/2024). Acara ini dihadiri ribuan pelajar Papua mulai dari, SD, SMP, hingga SMA.

"Ya kita melihat ke depan anak-anak ini harus betul-betul disiapkan. Tidak hanya pintar, tidak hanya pandai, tetapi juga berwawasan dan berkarakter," kata Jokowi di Istora Papua Bangkit, Selasa.

"Saya kira anak-anak ke depan harus disiapkan kepintarannya, kepandaiannya, wawasannya dan karakternya," sambungnya.

Dia juga mengapresiasi bakat yang ditampilkan oleh para anak-anak antara lain, kemampuan Matematika, marching band, menyanyi, hingga tarian kolosal. Jokowi senang anak-anak menikmati peringatan Hari Anak Nasional.

"Ini mungkin pertama kali puncak Hari Anak Nasional diadakan di Papua dan dilaksanakan secara besar-besaran. Dan anak-anak pun menikmati. Saya juga tidak mau memberi sambutan pidato karena ini adalah harinya anak-anak, tempat anak-anak berinteraksi, bermain, bersenang-senang," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional ke-40 di Istora Papua Bangkit, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa 23 Juli 2024. Total ada 6.000 pelajar se-Papua yang hadir dalam acara ini.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Iriana tiba di Istora Papua Bangkit pukul 08.25 WIT. Jokowi mengenakan kemeja putih serta tas dan topi khas Papua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Bagi Bingkisan ke Anak-Anak

Jokowi-Iriana Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Papua, Disambut Ribuan Pelajar
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional di Istora Papua Bangkit, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (23/7/2024). Total ada 6.000 pelajar se-Papua yang hadir dalam acara ini. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Jokowi dan Iriana disambut sejumlah menteri kabiner antara lain, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Selain itu, ada Ibu Wury Ma'ruf Amin bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Jokowi lalu menyapa anak-anak Papua dan membagikan sejumlah bingkisan. Dia lalu menggandeng dua anak hingga ke tempat duduk.

Ribuan anak-anak yang telah menunggu di dalam Istora juga menyambut meriah kedatangan Jokowi dan Iriana. Mereka pelajar PAUD, SD, SMP, hingga SMA dari Papua.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak
INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya