Ini Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika pergantian musim, flu akan banyak dialami oleh masyarakat, yang berarti banyak orang mencari cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dan tetap sesehat mungkin di kala seperti ini.

oleh Vatrischa Putri Nur Sutrisno diperbarui 18 Nov 2023, 14:54 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2023, 14:53 WIB
makan sehat
ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta - Ketika pergantian musim, flu akan banyak dialami oleh masyarakat, yang berarti banyak orang mencari cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dan tetap sesehat mungkin di kala seperti ini.

Tapi apakah itu berarti menimbun vitamin C dan vitamin D? Michael Ben-Aderet, seorang spesialis penyakit menular dan direktur medis asosiasi Epidemiologi Rumah Sakit di Cedars-Sinai Medical Center berpendapat.

"Kebanyakan orang, setidaknya di Amerika, dapat makan makanan yang sehat dan mendapatkan sebagian besar vitamin mereka dari makanan biasa. Namun saya rasa masih ada kekhawatiran, 'Apakah orang-orang sudah mendapatkan cukup? Apakah mereka membutuhkan lebih banyak vitamin?" dan di situlah peran suplementasi vitamin berperan," kata Ben-Aderet.

"Sebenarnya, tidak pernah ada manfaat klinis yang terbukti untuk mensuplai vitamin pada individu yang mampu mendapatkan pola makan yang normal dan sehat dan tidak memiliki kekurangan vitamin secara klinis. Itu tidak berarti bahwa tidak mungkin suplemen tersebut memberikan manfaat apa pun. Itu hanya berarti bahwa kami belum dapat membuktikan manfaatnya."

Meskipun ia mencatat bahwa beberapa orang mengalami kekurangan vitamin C dan vitamin D yang parah, yang dapat menyebabkan gusi bengkak dan berdarah atau patah tulang, bagi orang-orang tersebut, suplementasi vitamin adalah tindakan yang sangat efektif dan perlu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapatkah vitamin C dan D meningkatkan kekebalan tubuh Anda?

Sebuah tinjauan Cochrane tahun 2013 tentang uji coba terkontrol secara acak yang meneliti efek mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari terhadap pencegahan dan pengobatan flu biasa menemukan bahwa mengonsumsi suplemen tersebut setiap hari tidak mengurangi kejadian flu.

Namun, "setidaknya mengurangi tingkat keparahan dan durasi pilek," kata Dr John Mafi, seorang profesor kedokteran di Divisi Penyakit Dalam Umum dan Penelitian Layanan Kesehatan di David Geffen School of Medicine di UCLA.

Bukan tidak benar bahwa vitamin C dan vitamin D sebenarnya dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. "Vitamin C meningkatkan produksi limfosit B (sel B) tubuh, dan menghentikan kerusakan sel T," katanya.

"Keduanya merupakan sel kekebalan tubuh yang sangat penting yang pada dasarnya bertugas mengidentifikasi dan melawan bakteri dan virus."

Vitamin D membantu tubuh Anda menciptakan peptida antimikroba yang disebut cathelicidin, yang "menghentikan bakteri, mikroba, dan virus, dan mengatur fungsi sel-T tubuh Anda," kata Mafi.

Suplemen vitamin D memiliki lebih banyak bukti untuk potensi manfaatnya. Sebuah tinjauan sistematis terhadap uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan di British Medical Journal pada tahun 2017 menemukan bahwa asupan suplemen vitamin D setiap hari dapat melindungi dari infeksi saluran pernapasan akut. "Tampaknya ini paling efektif pada pasien yang memiliki kekurangan vitamin D pada tingkat awal," kata Mafi.

5 penguat kekebalan tubuh yang telah dicoba dan terbukti. Namun, ada banyak cara yang telah terbukti untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda di luar suplemen seperti vitamin C dan vitamin D, kata Ben-Aderet.

 


Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dia merekomendasikan:

Ilustrasi tubuh, badan sehat
Ilustrasi tubuh, badan sehat. (Image by wayhomestudio on Freepik)

1. Makan makanan yang sehat dan seimbang

2. Berolahraga

3. Memprioritaskan tidur

4. Mempraktikkan kebersihan tangan yang baik

5. Mendapatkan vaksinasi terhadap virus pernapasan yang beredar

Dan jika Anda benar-benar ingin mencoba suplemen vitamin C atau vitamin D, Ben-Aderet mengatakan: "Sebagian besar juri masih ragu tentang efektivitasnya,"

Meskipun begitu, Mafi merekomendasikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen baru.

 


Lebih Baik Dapatkan Vitamin Dari Sumber Alami

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak melebihi 2.000 miligram vitamin C dalam sehari, kata Mafi. Terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan masalah perut seperti mual dan muntah serta batu ginjal, menurut Mayo Clinic.

Pusat informasi nutrisi Harvard T.H. Chan School of Public Health, The Nutrition Source, merekomendasikan tunjangan diet untuk orang dewasa berusia 19 tahun ke atas sebesar 90 miligram untuk pria dan 75 miligram untuk wanita.

"Selalu lebih baik untuk mendapatkan vitamin dari sumber alami," kata Mafi. Untuk mendapatkan vitamin C, Anda dapat mengonsumsi buah jeruk seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon, katanya. Sayuran hijau tertentu seperti kangkung dan brokoli juga mengandung banyak vitamin C.

Mengonsumsi "sekitar 600 hingga 800 unit internasional (IU) vitamin D per hari," adalah cara untuk mengatasi kekurangan vitamin D dengan aman, kata Dr. Jad Sfeir, ahli endokrinologi Mayo Clinic, kepada CNBC Make It pada Agustus 2022.

Cara terbaik adalah mencari cara untuk mendapatkan vitamin dalam makanan Anda dari makanan, kata Sfeir, termasuk susu yang diperkaya, jus jeruk, atau ikan berlemak seperti salmon atau makarel.

Mengonsumsi lebih dari 4.000 IU per hari dapat meningkatkan risiko toksisitas, dengan meningkatkan jumlah kalsium dalam aliran darah dan urin Anda, kata Sfeir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya