Pecah, Rekor Kecepatan Mengendarai Motor Roda Satu

Seorang pria bernama Kevin Scott berhasil menjadi orang tercepat di daratan dengan mengendarai kendaraan roda satu.

oleh Rio Apinino diperbarui 14 Sep 2016, 05:11 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2016, 05:11 WIB
Kevin Scott, Yang Tercepat di Roda Satu
Kevin Scott, orang tercepat di daratan dengan mengendarai kendaraan roda satu

Liputan6.com, North Yorkshire - Seorang pria bernama Kevin Scott berhasil menjadi orang tercepat di daratan dengan mengendarai kendaraan roda satu, baru-baru ini.

Sebagaimana yang terlihat pada foto di atas, kendaraan roda satu yang dimaksud berbentuk lingkaran, di mana Scott ada di dalamnya. Rekor ini menjadi menarik karena faktanya mengendarai kendaraan ini amatlah sulit.

Selain itu, rekor ini juga cukup unik. Pasalnya, biasanya rekor kecepatan darat itu dipecahkan saat menggunakan kendaraan roda dua seperti motor, tentu yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar kecepatannya di atas rata-rata.

Sebagaimana tercatat dalam buku Guinness World Records, Scott dan UK Monowheel Team berhasil mencapai kecepatan hingga 98,484 km/jam. Rekor ini berhasil ia pecahkan di Elvington Airfield, lapangan terbang milik Angkatan Udara Inggris, North Yorkshire.

Tim Scott sendiri terdiri dari empat insinyur yang berusia antara 49 hingga 60 tahun. Mereka semua telah membuat sepeda motor unik sejak 2010.

Salah satu tantangan terbesar saat memecahkan rekor ini adalah mempertahankan stabilitas di sekitar sumbu horizontal. Faktor ini pula yang membuat rekor kecepatan roda satu terkesan tak ada apa-apanya dibanding rekor kecepatan lain.

Sebelum Kevin Scott, rekor kecepatan darat di atas roda satu dipegang oleh Kerry McLean, asal AS, pada 2001. Saat itu, di Irwindale Speedway, California, ia menorehkan kecepatan 91,7 km/jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya