Deretan Mobil Kecil Bermesin Turbo di GIIAS 2018, Ada Apa Saja?

Mobil bermesin kecil dengan turbocharge bisa menjadi pilihan di gelaran GIIAS 2018

oleh Yurike Budiman diperbarui 06 Agu 2018, 16:07 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2018, 16:07 WIB
VW Polo VRS
VW Polo VRS di GIIAS 2018

Liputan6.com, Tangerang - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menyajikan berbagai pilihan mobil baru. Tak sedikit juga APM yang mengeluarkan mobil berkapasitas mesin kecil dengan turbocharge.

Kondisi jalanan Indonesia yang kian padat, konsumsi bahan bakar saat ini telah jadi salah satu acuan utama sebelum seseorang membeli sebuah mobil baru. 

Mobil bermesin kecil memang bisa menjadi pilihan untuk para pengunjung GIIAS.

Namun, mobil dengan turbo juga diklaim lebih memberikan performa. Selain itu, hal lain juga dirasakan mulai dari tenaga, kadar emisi hingga konsumsi bahan bakar.

Ada sejumlah mobil dengan kapasitas kecil berturbo yang hadir di GIIAS 2018. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini


1. VW Polo VRS

Volkswagen Polo VRS mengambil basis VW Polo standar. Dengan penambahan Performance Package, Polo VRS bermesin 1.2 liter TSI, 4 silinder bisa menyemburkan tenaga hingga 141 Tk, naik dari standarnya 105 Tk. Torsi puncaknya juga naik dari 175 Nm menjadi 230 Nm. 

Untuk VW Polo 1.2 TSI dibanderol Rp 278 juta, sedangkan untuk VW Polo 1.2 TSI VRS harganya Rp 308 juta.

"Memang mobil yang bermesin turbo tapi kapasitas kecil seperti Polo VRS lebih banyak peminatnya selama di GIIAS," kata M Jayadi, selaku Volkswagen Advisor.


2. Daihatsu Ayla Turbo

Ayla Turbo
Ayla Turbo

Modifikasi Daihatsu Ayla turbo ini dikembangkan langsung oleh tim Research & Development (R&D) PT ADM, Mobil ini mengadopsi mesin berkapasitas 1,2 liter dual VVT-i yang dilengkapi dengan low compression piston.

Modifikasi pada sektor mesin menjadikan Ayla Turbo memiliki performa yang lebih bertenaga, irit bahan bakar, dengan emisi gas buang yang semakin baik.

Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM, Daihatsu Ayla turbo ini ditampilkan di GIIAS untuk menjadi contoh konsumennya.

"Tidak diproduksi massal, karena kami hanya memberi contoh untuk edukasi tentang mesin atau mobil yang dimodifikasi. Hingga saat ini, juga belum ada permintaan untuk Daihatsu Ayla turbo," katanya.


3. BMW i8 Roadster

mobil BMW i8 Roadster
Model bersanding di mobil BMW i8 Roadster diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (2/8). Untuk pertama kalinya di ajang GIIAS 2018, BMW membawa i8 Roadster. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

BMW Indonesia menghadirkan kendaraan sport terbaru BMW i8 Roadster di GIIAS 2018. i8 Roadster dipasangkan baterai lithium-ion dengan kapasitas sel baterai 34 Ah dan kapasitas gross energi 11,6 kWh.

Konfigurasi sel baterai menjadi 105 kW atau 143 tk. Mesin 1.5L 3 silinder BMW TwinPower Turbo mampu menghasilkan tenaga 231 tk dan torsi 320 Nm.

Mobil plug in hybrid sport ini dibanderol Rp 3,969 miliar off the road dan sudah tersedia di dealer-dealer BMW.


4. Chevrolet Trax

Chevrolet Trax
Chevrolet Trax

Chevrolet mengeluarkan Trailblazer dan Spark terbaru di GIIAS 2018, namun ia juga memamerkan Trax yang menggunakan desain sama seperti facelift pada 2016.

Mobil yang memiliki mesin turbo dengan kapasitas dasar 1.4 liter ini mampu memproduksi hingga 140 PS dan torsi 200 Nm. Tak ada pilihan transmisi manual untuk Trax, hanya ada girboks otomatis 6-speed.


5. Suzuki Jimny

Suzuki Jimny
Suzuki Jimny 2018 dipamerkan selama GIIAS 2018 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan. (Herdi Muhardi)

Suzuki Jimny menjadi satu dari 18 kendaraan yang dihadirkan SIS pada ajang GIIAS 2018. SUV tangguh nan kompak ini, menemani satu lagi produk terbaru Suzuki. Untuk produk yang satunya, masih terbuka prediksi antara Swift Hybrid atau Vitara Brezza.

Generasi keempat Jimny meluncur ke publik global awal bulan ini. Ada dua tipe yang diedarkan di sana, Jimny dan Jimny Sierra. JImny saja, menggunakan mesin 650 cc dengan turbocharger.

Jimny Sierra, mengadopsi mesin 1.500 cc yang serupa dengan milik All New Ertiga. Jimny bermesin kecil hanya diedarkan khusus pasar Jepang untuk membuatnya masuk dalam skema Kei Car. Sementara Jimny Sierra jadi pasokan global dan dijual dengan nama “Jimny”.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya