Dua Komponen Ini Wajib Diperhatikan Saat Hujan

Dua komponen ini memiliki peran penting saat hujan. Apa itu?

oleh Herdi Muhardi diperbarui 04 Okt 2018, 20:29 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2018, 20:29 WIB
Hujan Deras dan Puluhan Ribu Pelajar Sambut Kedatangan Raja Salman di Kota Bogor
Pelajar dan warga menyambut kedatangan mobil bertuliskan Saudi Arabia di sekitar Istana Bogor, Rabu (1/3). Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz ke Istana Bogor disambut puluhan ribu pelajar dan warga. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Oktober ini menjadi awal musim penghujan. Dengan begitu, bagi pemilik kendaraan terlebih mobil, ada baiknya membekali diri dengan berbagai persiapan.

Berdasarkan keterangan situs resmi Mitsubishi, salah satu komponen mobil yang cukup penting saat hujan datang yaitu wiper dan washer.

Tugas wiper sendiri dapat berguna menyeka air di kaca mobil, sedangkan washer dapat menyemprotkan air ke kaca mobil.

Kedua komponen ini saling berkaitan dan sangat penting, karena visibilitas pengemudi akan jadi leluasa saat turun hujan. Dengan begitu, Anda bisa mengendalikan mobil secara aman dan benar.

Karena itu, agar wiper dan washer berfungsi sempurna ada baiknya dilakukan perawatan yang tepat.  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Wiper Mobil
Wiper Mobil (Foto: Zwgearbox)

Untuk merawat wiper, cek secara berkala kualitas karet wiper, apakah masih bisa berfungsi maksimal. Jika karet sudah menipis dan getas di beberapa bagian, lebih baik segera diganti.

Hal ini karena karet bukan membersihkan, melainkan mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengemudi.

Begitu juga dengan washer, Anda harus selalu memastikan airnya cukup agar washer bisa menyemprotkan air dengan baik dan membantu membersihkan kaca mobil dari kotoran.

 


Cara Kerja

Wiper Jadi Komponen Mobil Paling Dibenci Anjing
Anjing yang berada di dalam mobil langsung menggonggong saat melihat wiper mobil difungsikan.

Meski kedua komponen ini terlihat sepele, namun cara kerjanya perlu diperhatikan salah satunya, biasakan diri menyemprotkan air lebih dulu menggunakan washer, sebelum pakai wiper.

Hal ini karena air yang disemprotkan berfungsi membasuh kotoran seperti getah pohon, kotoran burung, dan lainnya. Jika tak disemprot dulu, maka kotoran yang dibersihkan wiper berpotensi membuat baret kaca mobil.

Tak sampai disitu, jangan lupa juga untuk sekalian mengecek bodi wiper, apakah masih terpasang dengan baik pada mobil.

Pastikan karet wiper tidak selalu menempel jika diparkir di luar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya