Honda HR-V Listrik Dipastikan Meluncur di Indonesia pada Kuartal 1 2025

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali memastikan jika model elektrifikasi, e:N1 akan meluncur di Indonesia pada tahun depan

oleh Arief Aszhari diperbarui 21 Okt 2024, 16:07 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 16:07 WIB
Meluncur 2025, Mobil Listrik Honda e:N1 Mulai Diuji di Jalan (ist)
Meluncur 2025, Mobil Listrik Honda e:N1 Mulai Diuji di Jalan (ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali memastikan jika model elektrifikasi, Honda e:N1 akan meluncur di Indonesia pada tahun depan. Jenama asal Jepang ini, menegaskan model yang disebut bakal jadi HR-V listrik ini akan meluncur kuartal satu 2025.

"Rencananya (peluncuran) di kuartal satu. Kita sudah luncurkan, hanya nanti bagaimana bisnis skema penjualannya, position-nya seperti apa. Skema penjualan sedang kita pelajari," jelas Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, saat ditemui di Cibis Park, Cilandak, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Sementara itu, model ramah lingkungan yang diperkenalkan di GIIAS 2024 pada Juli lalu tersebut sudah terlihat diuji coba di jalan umum.

Setidaknya, ada beberapa foto yang beredar di dunia maya, mulai dari Honda e:N1 di area kantor PT HPM, di Sunter, Jakarta Utara, kemudian di depan sebuah SPKLU, di jalan tol, dan juga foto yang menunjukan interior dari model ramah lingkungan tersebut.

Sebagai informasi, Honda e:N1 dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 68,8 kWh, memungkinkan jarak tempuh maksimum hingga 500 km dengan sekali pengisian daya.

Selain itu, Honda e:N1 yang ditampilkan telah mengadopsi teknologi pengisian cepat yang memungkinkan pengisian hingga 80 persen kapasitas baterai dalam waktu 50 menit.

Honda e:N1 menawarkan desain futuristik dengan layar Display Audio berukuran 15,1 inci serta dilengkapi dengan TFT Meter berukuran 10,25 inci.

 

Perjalanan Panjang Mobil Hybrid Honda di Pasar Otomotif Global

Honda merayakan 25 tahun pencapaiannya dalam pengembangan teknologi hybrid di pasar otomotif global pada tahun ini. Perjalanan panjang jenama berlambang 'H' di segmen kendaraan yang mengkombinasikan mesin konvensional dan motor listrik itu dimulai dari peluncuran mobil hybrid pertama di Eropa pada 1999, yaitu Honda Insight.

Hingga saat ini teknologi hybrid telah diterapkan pada mobil produksi massal seperti Honda Jazz, Civic, HR-V, ZR-V, dan CR-V yang semuanya dilengkapi dengan powertrain dua motor e:HEV dan juga disematkan pada mesin mobil balap Honda di ajang Formula 1.

Teknologi mesin hybrid Honda untuk mobil produksi massal ditandai dengan diperkenalkannya Honda Insight generasi pertama, yang menggunakan mesin hybrid dengan sistem IMA (Integrated Motor Assist) pada 1999.

Inovasi teknologi sistem hybrid IMA kemudian bertransformasi menjadi intelligent Multi Mode Drive (i-MMD), di mana sistem dual motor powertrain (baterai dan mesin) bekerja secara bersamaan dan saling mendukung.

Kinerja dari teknologi ini kemudian menghasilkan akselerasi yang bertenaga namun juga tetap halus dimana efisiensi bahan bakar dapat dimaksimalkan. Sistem i-MMD diterapkan pada Honda CR-V Hybrid generasi lima, Honda Accord Hybrid generasi sepuluh.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya