Bawaslu Temukan PNS Daftar Calon Bupati di Pilkada Blitar 2020

Bawaslu Kabupaten Blitar mendapati adanya bakal calon Bupati Blitar dari jalur perseorangan yang berstatus PNS.

diperbarui 06 Feb 2020, 11:08 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2020, 11:08 WIB
Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id
Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Blitar- Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Blitar mendapati adanya bakal calon bupati Blitar dari jalur perseorangan yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, bakal calon tersebut melanggar netralitas PNS yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS.

"Dari temuan Divisi Pengawasan itu, kemudian kami proses di Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Blitar, yang kini statusnya telah diumumkan dalam laporan temuan 001/TM/PB/Kab/16.12/I/2020," jelasnya, seperti dikutip dari Times Indonesia, Rabu (5/2/2020).

Abdul Hakam mengungkapkan terlapor atas nama Suparwahdi, seorang PNS bertugas sebagai Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana di Kabupaten Blitar. Bawaslu menyimpulkan ada pelanggaran netralitas PNS/ASN dari hasil klarifikasi seluruh saksi.

"Oknum PNS ini bersama bakal calon bupati telah mengumpulkan sekitar 50 orang dan mendeklarasikan akan mendaftar sebagai calon kepala daerah dari jalur perseorangan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video di bawah ini:


Lapor KASN

Bawaslu Kabupaten Blitar akan meneruskan temuan pelanggaran itu ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Mengenai sanksi bagi yang bersangkutan, menurut Abdul Hakam, menjadi kewenangan KASN.

"Apakah termasuk pelanggaran ringan, sedang, atau berat, menjadi kewenangan dari KASN," ujarnya.

 

Simak berita Times Indonesia lainnya di sini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya