Muncul Wacana Pilpres 2024 Hanya Dua Poros, Anies: Koalisi Perubahan Solid

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menyebut bahwa kemungkinan dua poros pengusung di Pilpres 2024 bukanlah isu baginya.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 22 Sep 2023, 17:52 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023, 17:51 WIB
Kemesraan Bacapres dan Bacawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Sejumlah pertanyaan diajukan dalam perbincangan pada program Pemilu stasiun televisi SCTV “Kita Indonesia” di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menyebut bahwa kemungkinan dua poros pengusung di Pilpres 2024 bukanlah isu baginya.

Menurut Anies, Koalisi Perubahan untuk Persatuan solid dan siap menyongsong Pilpres 2024 mendatang.

"Kami konsentrasi kepada Koalisi Perubahan. Kita sudah solid, kita siap menyongsong Pemilu dan Pilpres. Jadi nanti apakah akan ada berapa pasang dan lain-lain bagi kami itu nonisu. Karena isunya bagi kita adalah bagaimana kita siap mengantisipasi," kata Anies Baswedan dilansir dari Antara, Jumat (22/9/2023).

Anies mengatakan bahwa saat ini ia hanya fokus ke Pilpres 2024 dan menolak mengomentari terkait isu akan diduetkannya Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Ya bukan kita yang mengomentarinya dong, oke," ucap Anies.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat menilai, terbentuknya dua poros di Pilpres 2024 sangat memungkinkan terjadi. Dia menyebut, yang sulit terjadi jika hanya ada satu poros atau empat poros.

Sehingga, dia menilai adanya duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 sangat terbuka peluangnya.

"Semua kemungkinan masih bisa (duet Ganjar dan Prabowo), ya kan. Saya sampaikan tadi ya, bisa dua poros, tiga poros. Yang sulit itu adalah satu poros dan empat poros, nah itu sulit," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Namun, dia memastikan jika partai politik pengusung Ganjar Pranowo solid dan akan melakukan pendaftaran capres cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dibuka pada 19 Oktober 2023.

"Karena begini, apakah Anda yakin bahwa tiga poros ini semuanya bisa jalan, daftar di KPU tanggal 19-25 Oktober ya kan, masih ada dinamika-dinamika loh ini ya kan. Yang pasti gitu ya, yang solid itu PDIP, bersama-sama dengan bekerja sama dengan PPP, Hanura, Perindo ya. Kenapa ? Karena kita bisa mendaftar," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gerindra Soal Prabowo Diduetkan dengan Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salam komando dengan Prabowo Subianto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salam komando dengan Prabowo Subianto (dok: @ganjar_pranowo)

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto posisinya harus menjadi calon presiden di Pemilu 2024. Itu menanggapi peluang duet dengan Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo.

Dasco mengatakan, amanat Rapimnas Gerindra menempatkan Prabowo menjadi calon presiden. Partai-partai Koalisi Indonesia Maju juga mendukung Prabowo menjadi calon presiden.

"Ya amanat Rapimnas itu kan dari Partai Gerindra calon presiden, lalu kemudian juga dukungan teman-teman koalisi itu kemudian mengusung Pak Prabowo sebagai capres, kan begitu," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Dasco mengaku belum berpikir bagaimana peluang apabila Prabowo duet dengan Ganjar.

"Nah sehingga kalau pertanyaannya tadi mungkin enggak mungkin justru saya belum kepikiran sampai di situ tadinya sampai dengan teman-teman media nanya ya jawab saya itu tadi," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya