Ahok soal Wacana Duet dengan Anies: Sangat Menarik Jika Bisa

Menurut Ahok, opsi duet dirinya dengan Anies Baswedan sangat menarik, namun sayangnya, itu tidak akan terjadi karena terbentur dengan aturan.

oleh Tim News diperbarui 29 Jul 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 04:00 WIB
20170420-Ahok dan Anies Berjumpa di Balai Kota-Fanani
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Anies Baswedan saat melakukan jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (20/4). Anies menemui Ahok di Balai Kota setelah unggul lewat h‎itungan cepat Pilkada DKI 2017. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya buka suara soal wacana duet dirinya dengan Anies Baswedan yang sempat ramai jadi pembicaraan di muka publik.

Menurut Ahok, opsi tersebut memang sangat menarik, namun sayangnya, itu tidak akan terjadi karena terbentur dengan aturan.

Dalam pasal 7 huruf o Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada soal syarat pencalonan, tercantum larangan Mantan Gubernur mencalonkan diri sebagai wakil gubernur.

“Secara undang-undang tidak memungkinkan. (Tapi kalau itu terjadi) Sangat menarik jika bisa (duet dengan Anies),” kata Ahok saat dihubungi, Minggu (28/7/2024).

Sehingga, ketika Anies dan Ahok berduet sebagai pasangan tidak ada yang lolos dalam aturan. Karena salah satunya akan menjadi calon wakil gubernur yang mana dilarang apabila pernah menjabat sebagai gubernur.

Oleh sebab itu, Ahok mengaku apabila persoalan siapa wakilnya ketika dia berpasangan dengan Anies akan menjadi hal yang menarik. Karena keduanya tidak akan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

“Menarik karena siapa yang jadi wakilnya,” ujar Ahok.

Diketahui, Ahok pernah menjabat gubernur DKI Jakarta pada 2014 hingga 2017. Dia menggantikan Joko Widodo yang melepas jabatan gubernur karena terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2014. Sementara itu, Anies menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2017 hingga 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil Survei

20170420-Ahok dan Anies Berjumpa di Balai Kota-Fanani
Gubernur DKI Basuki T Purnama atau Ahok dan Cagub DKI, Anies Baswedan melakukan jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (20/4). Pertemuan perdana mereka pasca pencoblosan kemarin hanya berlangsung sekitar 20 menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Hasil Survei Indikator menunjukkan duet Anies Baswedan-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada Jakarta, bakal mendulang suara signifikan.

Dalam simulasi dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (Cagub-Cawagub), duet Anies-Ahok mengantongi 57,9 persen dukungan.

Sedangkan duet Ridwan Kamil-Budisatrio Djiwandono mengantongi 32,6 persen. Sisanya 9,5 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

Kondisi yang hampir sama juga terlihat ketika duet Anies-Ahok berhadapan dengan Ridwan Kamil-Ahmad Syaikhu. Anies-Ahok mengantongi 58,1 persen. Sedangkan Ridwan Kamil-Syaikhu 32,7 persen.

Masih dengan simulasi dua pasangan, Anies-Ahok juga unggul jika berhadapan dengan Ridwan Kamil-Kaesang Pangarep. Anies-Ahok unggul dengan perolehan skor 58,2 persen. Sedangkan Ridwan Kamil-Kaesang 32,7 persen.

Sebagai informasi, Populasi survei adalah semua WNI di daerah Jakarta yang punya hak pilih, jumlah sampel 800 orang. Penarikan sampel menggunakan metode miltistage random sampling.

Dengan asumsi metode simple random sampling ukuran sampel 800 responden, memiliki toleransi kesalahan sekitar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya