Geliat Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung

Arus balik pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi makin ramai memadati Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan.

oleh Liputan6 diperbarui 21 Jul 2015, 11:58 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2015, 11:58 WIB
PT ASDP Bakauheni Tambah Tollgate Jelang Arus Mudik
Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi makin ramai memadati Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan. Sejak dini hari tadi, ribuan kendaraan pribadi yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten sudah mengantre di kantong-kantong parkir dermaga.

Pemudik asal Bandung, Jawa Barat, Rosela mengaku sengaja memilih pulang hari ini karena pada Rabu 22 Juli 2015 besok sudah masuk kerja lagi.

"Biar bisa istirahat, Mas. Kalau besok baru jalan pulang, masih lelah sehingga khawatir tidak dapat beraktivitas rutin di tempat kerja," kata pegawai negeri sipil (PNS) itu pula.

Sementara puncak arus balik pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung menuju Merak Banten diperkirakan terjadi pada empat hari setelah Lebaran 2015 (H+4). Seperti dipaparkan General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Tomy L Kaunang.

"Kami perkirakan puncak arus balik pada H+4 Lebaran, yakni penumpang dari Sumatera menuju Jawa," kata Tomy.

Dia menyebutkan, jumlah penumpang pada puncak arus mudik mencapai ratusan ribu orang. Dan diperkirakan pada saat arus balik ini jumlah pemudik yang akan menyeberang diperkirakan sama.

Tomy mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, pihaknya telah menyiapkan 6 dermaga dan 50 kapal feri yang melayani penyeberangan Bakauheni-Merak atau sebaliknya.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan, jumlah penumpang arus balik sejak H+1 dan H+2 (18-19 Juli 2015) mencapai 79.343 orang. Sedangkan jumlah kendaraan yang diseberangkan mencapai 16.885 unit.

Pejalan Kaki

Sementara itu ratusan pemudik pejalan kaki terlihat mengantre di loket yang telah disediakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni.

Sebanyak 12 loket disiapkan oleh perusahaan penyeberangan itu. 8 Loket di antaranya untuk mengantisipasi kepadatan antrean pemudik pejalan kaki yang harus kembali ke tempat kerja dan tempat tinggal masing-masing usai mudik Lebaran 2015.

Puncak arus balik di pelabuhan itu diprediksi akan terjadi beberapa kali secara bergelombang, mulai Selasa ini. Hal ini mengingat pada hari Rabu 22 Juli 2015 besok, para pegawai harus mengakhiri cuti bersama Idulfitri. Mereka harus mulai masuk kerja keesokan harinya.

Sementara para pelajar sebagian besar baru kembali ke sekolah pada hari Rabu pekan depan, 29 Juli 2015. Sehingga diperkirakan baru akan kembali usai Lebaran ini belakangan.
    
Penumpukan pemudik pejalan kaki yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak Banten diperkirakan akan terjadi siang hingga sore hari.

Sementara itu, tak sedikit pula kendaraan berpelat nomor polisi B (Jakarta), A (Banten), F (Bogor), dan W (Sidoarjo) yang masih melintas menuju Pelabuhan Bakauheni. (Ant/Ndy/Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya