Penderita Tumor Kulit di Bengkalis Akhirnya Bisa Berobat ke Rumah Sakit

Penderita tumuo kulit di Kabupaten Bengkalis akhirnya bisa dirawat di rumah sakit setelah puluhan tahun tidak punya biaya berobat.

oleh M Syukur diperbarui 14 Okt 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2022, 07:00 WIB
Kepala Polres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko menjenguk penderita tumor kulit di rumah sakit.
Kepala Polres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko menjenguk penderita tumor kulit di rumah sakit. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Sejak usia 3 tahun tumor kulit menggrogoti wajah Zulkarnain. Keterbatasan ekonomi membuatnya tidak mendapatkan perawatan memadai hingga sebagian muka pria 24 tahun itu tertutup oleh tumor.

Adanya penderita penyakit kulit berat ini membuat Kepala Polres Bengkalis Ajun Komisaris Besar Indra Wijatmiko SIK bertindak. Mendadak pada siang 10 Oktober itu, dia mengumpulkan pejabat serta memanggil petugas dinas kesehatan setempat.

Sejurus kemudian, Indra bersama anggotanya langsung menuju sebuah rumah di Jalan Damon, Kecamatan Bengkalis. Di sana, sehari-hari Zulkarnain menahan sakit karena tumor yang menutup seluruh hidungnya.

Awalnya, keluarga Zulkarnain kaget dengan kehadiran sejumlah orang berpakaian polisi dan dinas lainnya. Setelah dijelaskan Indra, barulah kakak Zulkarnain, Yati, menyambut kedatangan jajaran Polres Bengkalis.

Setelah menggali informasi berapa lama penyakit yang didera Zulkarnain, Indra langsung memanggil ambulan klinik Polres. Zulkarnain dibawa ke rumah sakit setempat untuk pengobatan memadai.

Indra mengawal langsung Zulkarnain sampai ke rumah sakit dan mengantarnya ke ruangan perawatan. Sebelum itu, Indra menyerahkan bantuan kebutuhan sehari-hari kepada keluarga penderita tumor itu.

"Zulkarnain sudah diperiksa di poli bedah, kata dokter perlu menginap dulu untuk perawatan lebih maksimal," jelas Indra kepada wartawan.

Indra menjelaskan, Zulkarnain dirawat di ruangan 316 lantai 3 RSUD Kabupaten Bengkalis. Di ruangan itu, Indra sudah menyediakan buah-buahan dan kebutuhan pangan lainnya selama perawatan.

 

 


Segera Operasi

Keesokan harinya, Indra kembali ke rumah sakit untuk mengecek kesehatan Zulkarnain. Indra lega karena dokter sudah mengambil sampel penyakit untuk diperiksa di laboratorium.

"Sampel telah dikirim ke Pekanbaru untuk mengetahui jenis tumor apa yang diidap Zulkarnain dan penanganan seperti apa yang akan dilakukan kedepannya," ujar Indra.

Kedatangan Indra kali ini ditemani oleh Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso. Keduanya memberikan semangat kepada Zulkarnain agar bersabar dalam menghadapi cobaan tersebut.

"Nantikan dioperasi, harus semangat untuk sembuh," imbuh Indra kepada Zulkarnain.

Di sisi lain, Bagus Santoso mengucapkan terima kasih kepada Indra karena begitu peduli dengan masyarakat Bengkalis yang kesusahan.

"Ini bentuk kepedulian Kapolres mensejahterakan masyarakat Bengkalis," kata Bagus.

Sementara itu, Indra menghimbau masyarakat yang kesusahan dan butuh biaya perobatan agar tidak sungkan mengadu ke Polres Bengkalis. Indra berjanji akan merespon, baik sendiri ataupun mengirim anggotanya membantu.

"Laporkan, kami dengan senang hati akan memfasilitasi ke pemerintah kabupaten karena ada program kesehatan," ujar Indra.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya