Palak Ibu-ibu Pedagang di Medan, Preman Sok Jago Tertunduk Lesu Ditangkap Polisi

Aksi seorang pria melakukan pemalakan terhadap ibu-ibu pedagang pecel di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) viral di media sosial (medsos). Peristiwa terjadi di Jalan Jamin Ginting, dekat Pajak USU (Universitas Sumatera Utara).

oleh Reza Efendi diperbarui 10 Jan 2023, 14:59 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 14:59 WIB
Pungli di Medan
Pemalak ibu-ibu pedagang tertunduk lesu ditangkap personel Polsek Medan Baru

Liputan6.com, Medan Aksi seorang pria melakukan pemalakan terhadap ibu-ibu pedagang pecel di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) viral di media sosial (medsos). Peristiwa terjadi di Jalan Jamin Ginting, dekat Pajak USU (Universitas Sumatera Utara).

Tidak butuh waktu lama, pihak kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Medan Baru yang mendapat informasi langsung bergerak cepat dan menangkap pelaku. Diketahui pelaku bernama Robin Tarigan (50) warga Jalan Jamin Ginting, Gang Pelita, Medan Baru.

Kapolsek Medan Baru, Kompol Ginanjar mengatakan, pelaku ditangkap menindaklanjuti Pengaduan dari Masyarakat atau Dumas yang viral di medsos Instagram terkait adanya pungutan liar (pungli) terhadap korban, yaitu pedagang pecel.

"Berdasarkan Dumas yang kita terima lewat medos, personel melakukan penyelidikan dan mengamankan pelaku," kata Ginanjar, Senin, 9 Januari 2023.

Berdasarkan pemeriksaan, pelaku pungli terhadap pedagang pecel bernama Poniem (41) dan pedagang lainnya yang berdagang di Jalan Jamin Ginting, tepatnya di kawasan Pajak USU.

"Personel memberikan imbauan kepada para pedagang, apabila ada pemerasan agar segera melaporkan ke Polsek Medan Baru. Bisa menghubungi Kapolsek di nomor WhatsApp 0822 1111 7599," pungkasnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Viral di Media Sosial

Pungli di Medan
Aksi pemalakan preman terhadap ibu-ibu pedagang di Medan viral (Instagram/@sumatera_talk)

Pemalakan yang dilakukan pelaku terhadap korban sempat viral di medsos Instagram. Salah satu akun, @sumatera_talk memposting perbuatan pelaku terhadap korban dengan menuliskan keterangan, "Tukang Mie Pecel Keliling pun Kena Pungli."

"Memang Medan sekarang ga ada obat. Penjualan ga seberapa tapi tiap hari kena pungli sama oknum preman," lanjut keterangan, yang mencantumkan lokasi di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (10/1/2023), postingan yang telah banyak dikomentari netizen tersebut, yang hampir seluruhnya meminta pihak kepolisian menangkap pelaku dan telah mendapat suka ribuan serta dikomentari ratusan netizen.


Dagangan Diborong

Pungli di Medan
Personel Polsek Medan Baru borong dagangan korban pemalakan (Instagram/@medantau)

Akun Instagram lainnya, @medantau, memposting video lanjutan kasus pemalakan, yaitu tentang personel Polsek Medan Baru memborong dagangan pecel korban, dengan menuliskan keterangan, "Personel Polsek Medan Baru Borong Jualan Ibu Pedagang Mie Pecal yang Dipalak Preman."

Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Medan Baru, Iptu Martua Manik membenarkan pelaku merupakan preman yang sering beraksi di kawasan Pajak USU.

"Iya, ini preman yang meresahkan pedagang di Pajus, karena bukan Bu Poniem aja korban, pedagang lainnya juga dikutip liar sama dia," ucapnya.

Martua juga mengatakan, untuk mengantisipasi adanya aksi premanisme terjadi kembali di Kawasan Pajak USU, personel Polsek Medan Baru akan melakukan razia patroli di tempat yang diduga sering terjadi pungli.

"Kita akan melakukan patroli di tempat tempat diduga ada pungli, dan nanti kita sebarkan nomor kontak yang bisa dihubungi masyarakat," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya