Prabowo Batalkan Kunker ke Jerman Demi Hadiri Harlah PMII di Solo

Menhan Prabowo Subianto mengaku membatalkan salah satu kegiatan kunker di negara benua Eropa dan pilih kembali ke Tanah Air untuk menghadiri Harlah ke-63 PMII yang dipusatkan di Benteng Vasternburg, Solo, Jumat malam (23/6).

oleh Fajar Abrori diperbarui 24 Jun 2023, 08:57 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2023, 08:55 WIB
Menhan Prabowo Subianto Hadiri Harlah PMII ke-63 Tahun di Solo
Menhan Prabowo Subianto didampingi Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri saat menghadiri acara puncak Harlah Ke-63 PMII di Benteng Vasternburg, Solo, Jumat malam (23/6).(Liputan6/Fajar Abrori).

Liputan6.com, Solo - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membatalkan kunjungan kerja di Jerman demi menghadiri puncak peringatan Harlah ke-63 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Benteng Vasternburg, Solo, Jumat malam (23/6/2023).

Kehadiran mantan Danjen Kopassus itu disambut meriah ribuan kader PMII dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri tampak mendampingi Menhan Prabowo Subianto saat memasuki kawasan benteng peninggalan Belanda yang menjadi lokasi peringatan harlah sekitar pukul 19.25 WIB.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menyapa dan menyalami para mahasiswa nahdlyin yang memadati Benteng Vasternburg, Solo.

Sedangkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka datang terlambat. Putra sulung Presiden Jokowi itu baru tiba di lokasi acara sekitar pukul 19.38 WIB. Keterlambatan tersebut disebabkan terjebak macet saat akan menjemput Menhan Prabowo di Pura Mangkunegaran, Solo sebelum melanjutkan acara menghadiri Harlah PMII.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Batalkan Acara di Jerman

Dalam sambutannya, Ketua PB PMII Muhammad Abdullah Syukri menghaturkan ucapan terima kasih kepada Menhan Prabowo Subianto yang menyempatkan hadir dalam acara Harlah ke-63 PMII. Mantan Pangkostrad itu rela terbang dari Perancis agar bisa hadir dalam puncak peringatan Harlah PMII yang dipusatkan di Kota Solo.

“Ini saya harus kasih tahu sabahat-sahabat, beliau datang jauh-jauh dari Perancis ke Solo untuk menghadiri acara harlah pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia,” ucap Ketua Umum PB PMII yang akrab disapa Gus Abe di depan ribuan kader PMII di Benteng Vasternburg, Solo, Jumat malam (23/6/2023).

Menurut dia, Prabowo rela membatalkan salah satu agenda kegiatan dari rangkaian kunjungannya di sejumlah negara di benua Eropa agar bisa bertemu dengan ribuan kader PMII yang hadir pada malam ini.

“Bahkan kabaranya beliau membatalkan salah satu acara di Jerman untuk hadir di PMII. Ini bukti bahwa Pak Prabowo peduli terhadap calong-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” kata dia.


Prabowo Merasa Kembali Muda

Sementara itu, Prabowo Subianto mengaku merupakan sebuah kehormatan karena diundang untuk hadir dalam cara peringatan Harlah PMII ke-63 tahun yang digelar di Solo. Untuk menghadiri acara ini, ia pun memutuskan terbang di sela-sela kunjungan kerjanya di sejumlah negara di Eropa.

“Saya memang sedang dalam kunjungan kerja di Eropa dan begitu menerima undangan untuk hadir pada malam hari ini, saya merasa demikian besar kehormatan tersebut sehingga saya memutuskan untuk segera kembali,” ujar dia di depan ribuan kader PMII yang memadati Benteng Vasternburg, Solo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengaku senang karena berada di tengah-tengah ribuan anak muda kader PMII. Para kader merupakat generasi muda sebagai generasi penerus. Oleh sebab itu dengan kehadirannya ini, ia pun merasa muda kembali.

“Maka sering-seringlah undang saya,” kata dia.

Prosesi peringatan puncak Harlah ke-63 PMII yang digelar di bangunan benteng peninggalan penjajah Belanda itu ditutup dengan konser musisi kondang campursari Denny Caknan. Ribuan kader pun langsung bangkit dari duduk dan bergoyang.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya