Moms, Tumbuh Kembang Bayi Berkaitan dengan Kesehatan Kulit Loh

Tumbuh kembang bayi berkaitan dengan kesehatan kulitnya. Sebab, kenyamanan bayi saat tidur memengaruhi optimalitas kerja dari hormon pertumbuhan.

oleh Reza Efendi diperbarui 02 Nov 2023, 17:36 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2023, 17:36 WIB
Talkshow
Talkshow bertema "Kesehatan Kulit Bayi", Kamis (2/11/2023) pada Mombee Mother and Baby Expo dengan tema "Super Mario World 2023” bekerja sama Makuku, di Tiara Convention Center Medan

Liputan6.com, Medan Tumbuh kembang bayi berkaitan dengan kesehatan kulitnya. Sebab, kenyamanan bayi saat tidur memengaruhi optimalitas kerja dari hormon pertumbuhan.

Dokter spesialis anak Maternity General Hospital, dr. Cynthea Prima Destariani MKed (Ped), SpA(K) mengatakan, untuk mendapatkan tumbuh kembang optimal, orang tua harus memilih popok yang tepat bagi bayi.

dr. Cynthea mengatakan hal itu saat talkshow bertema "Kesehatan Kulit Bayi", Kamis (2/11/2023) pada Mombee Mother and Baby Expo dengan tema "Super Mario World 2023” bekerja sama Makuku, di Tiara Convention Center Medan. Kegiatan berlangsung 2 hingga 5 November 2023.

Disarankan dr. Cynthea, orang tua harus memilih popok bayi yang tepat agar tidak bocor saat bayi tidur. Kalau basah atau lembab, maka akan menyebabkan gatal.

"Itu yang dirasakan bayi menjadi tidak nyaman, bayi jadi rewel. Sebelum ke dokter, orang tua harus cek dulu ada apa di kulit bayi," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kulit Anak dengan Orang Dewasa Berbeda

Menggendong bayi
Ilustrasi Menggendong bayi Credit: pexels.com/Keenan

Diterangkan dr. Cynthea, kulit anak dan orang dewasa berbeda, karena anak masih tumbuh kembang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Orang tua harus bisa membedakan tumbuh dan kembang untuk memenuhi kebutuhan hidup bayi.

"Bayi kurang tidur akibat popok bocor akan membuat tidak nyaman, tentunya hormon pertumbuhan tidak bisa keluar optimal," ucapnya.

Dijelaskannya, kalau tumbuh itu bicara tentang proporsi tubuh, misalnya anak tambah tinggi, berat, dan lainnya. Dalam hal ini peran yang penting adalah nutrisi.

Sementara untuk kembang, bicara tentang perkembangan otak yang didukung oleh hormon pertumbuhan. Kalau anak tidur tidak nyaman, tentunya hormon pertumbuhan kurang optimal.

"Jika dibiarkan dalam memilih popok yang salah akan berdampak pada kesehatan bayi. Kulit bayi akan iritasi, bahkan bisa menyebabkan luka lebar, sehingga kesehatan kulit bayi kurang baik," jelasnya.


Pengaruhi Kehidupan Anak

Disebabkan oleh Penyakit pada Tangan, Kaki, dan Mulut
Ilustrasi Bayi Credit: pexels.com/pixabay

Disebutkan dr. Cynthea, jika iritasi, selain anak tidak nyaman, berpengaruh ke kehidupan anak sehari-hari.

"Kalau anak kulitnya lecet, pasti malas makan dan akan berdampak ke pertumbuhan nutrisi, sehingga memengaruhi tumbuh kembang," sebutnya.

Dalam event kedua Mombee Mother and Baby Expo kali ini, kembali diikuti puluhan brand ternama. Event kali ini lebih spesial karena para orang tua bisa mengikuti seputar ilmu parenting dalam talkshow edukasi.

Tidak hanya itu, juga diskon kandas setiap pagi dan malam selama 2 jam, promo brand unggulan dan program Late Night Sale, Lelang Mombee dan tebus murah.


Rambah ke Pulau Lain

Mombee Mother and Baby Expo
Mombee Mother and Baby Expo

Dihadapan Direktur Mombee, Steve Liawardi, Asst. Branding Director Makuku, Novita Utomo, mengapresiasi Mombee, karena mendukung Makuku terlibat di acara tersebut.

"Ini kedua kalinya Makuku ikut di dalam acara Mombee. Ke depan, diharapkan Mombee bisa semakin besar, bukan hanya di Medan, tetapi merambah ke pulau lain," harapnya.

Pembukaan acara ditandai dengan pemotongan pita, dihadiri brand pendukung, Andrea Rivelino selaku Vice President Bank Mandiri Region 1, Desvita Asterina Sari selaku Junior Brand Manager Mustella, Ricky Hariadi selaku PIC Libby Baby.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya