Jumlah Penumpang Angkutan Lebaran 2024 di Divre I Sumut Meningkat 21 Persen

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) resmi menutup pelaksanaan Angkutan Lebaran 1445 Hijriah/2024 yang telah berlangsung selama 22 hari, 31 Maret hingga 21 April 2024.

oleh Reza Efendi diperbarui 22 Apr 2024, 18:44 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2024, 18:44 WIB
PT KAI Divre 1 Sumut
Ilustrasi - Penumpang kereta api di Stasiun Besar Medan

Liputan6.com, Medan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) resmi menutup pelaksanaan Angkutan Lebaran 1445 Hijriah/2024 yang telah berlangsung selama 22 hari, 31 Maret hingga 21 April 2024.

Di Sumatera Utara (Sumut), selama periode Angkutan Lebaran, PT KAI Divre I Sumut melayani total 187.584 penumpang atau rata-rata 8.526 penumpang per harinya.

"Jumlah tersebut meningkat 21 persen dibanding periode yang sama pada Angkutan Lebaran tahun 2023, yakni 154.433 penumpang," kata Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, Senin (22/4/2024).

Dijelaskan Anwar, kenaikan ini dipengaruhi peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode Angkutan Lebaran 2024, dengan total perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal sebanyak 484 perjalanan, atau rata-rata 22 perjalanan per hari.

"Jumah perjalanan kereta api pada Angkutan Lebaran 2024 naik 27 persen dibanding jumlah perjalanan pada Angkutan Lebaran 2023 sebanyak 382 perjalanan, atau rata-rata 17 perjalanan per hari," jelasnya.

Untuk kereta api jarak jauh yang beroperasi pada masa Angkutan Lebaran kali ini sebanyak 6 perjalanan KA Sribilah Utama, ditambah 2 perjalanan KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan-Rantauprapat, dan 6 perjalanan KA Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai.

Sedangkan untuk kereta api lokal yang beroperasi pada Angkutan Lebaran tahun ini sebanyak 4 perjalanan KA Siantar Ekspres relasi Medan-Siantar, dan 4 perjalanan KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi-Lalang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Capaian Positif

PT KAI Divre I Sumut
Penumpang kereta api

Disebutkan Anwar, pencapaian positif di masa Angkutan Lebaran kali ini juga terdapat pada sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan kereta api di wilayah PT KAI Divre I Sumut yang mencapai 99,82 persen, dan ketepatan kedatangan kereta api mencapai 99,08 persen.

Hal tersebut juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi kereta api untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, untuk merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta.

Sedangkan puncak volume penumpang pada arus mudik tahun 2024 di wilayah PT KAI Divre I Sumut terjadi pada H-2 Lebaran, tepatnya pada hari Senin, 8 April 2024, dengan jumlah penumpang sebanyak 9.280 orang.

"Kalau puncak arus balik terjadi pada Minggu, 14 April 2024 dengan jumlah penumpang sebanyak 11.528 orang," Anwar menuturkan.


Posko Angkutan Lebaran

Tes Narkoba
PT KAI Divre I Sumut melakukan tes narkoba secara acak kepada beberapa petugas Awak Sarana Perkeretaapian (ASP)

Berdasarkan pantauan data posko Angkutan Lebaran, stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak, baik untuk kereta api jarak jauh maupun Lokal, tahun ini ada di Stasiun Medan, Kisaran, Rantauprapat, dan Tanjung Balai.

Pada momen Angkutan Lebaran 2024 ini juga, PT KAI Divre I Sumut mengadakan program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 yang merupakan hasil kolaborasi antara PT KAI Divre I Sumut bersama Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Perhubungan dan PT PLN Unit Layanan Pelanggan Kota Medan.

"Dalam program ini sebanyak 244 pemudik gratis telah diberangkatkan dari Stasiun Medan menuju stasiun tujuan, yakni Stasiun Tebing Tinggi, Kisaran, dan Rantauprapat," Anwar menjelaskan.


Angkutan Motor Gratis

PT KAI Divre I Sumut
Kereta api

Selain itu, PT KAI Divre I Sumut bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sumut juga mengadakan program Angkutan Motor Gratis yang perdana dilakukan di wilayah Sumatera. Program ini memiliki kapasitas angkut sebanyak 30 unit per harinya, yang dirangkaikan pada KA Sribilah Utama dengan rute Medan-Rantauprapat.

"Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan di jalan raya, dan meningkatkan keselamatan para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta," Anwar menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya