Gibran Cek Uji Coba Makan Siang Gratis di SDN Surabaya, Isinya Ada Irisan Pentol dan Susu

Kedatangan Gibran disambut langsung oleh Kepala SDN Klampis Ngasem III, Nisa Auliyah. Begitu tiba, rombongan kemudian diajak menuju ke Ruang Laboratorium yang sudah dipenuhi puluhan siswa-siswi kelas 5.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 01 Agu 2024, 14:38 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 14:38 WIB
Empat Wakil Presiden dan Sejumlah Tokoh Berdatangan ke Kediaman Hamzah Haz
Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Pemilu 2024, Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Surabaya - Gibran Rakabuming Raka meninjau pelaksanaan uji coba pemberian makan siang gratis untuk siswa-siswi di SDN Klampis Ngasem III Surabaya pada Kamis (1/8/2024).

Berkemeja kotak-kotak merah hitam dipadu bawahan celana gelap serta sepatu berwarna senada, Wakil Presiden terpilih ini, tiba di lokasi SDN Klampis Ngasem III pada pukul 08.40 WIB. Dalam kesempatan itu Gibran turut membagikan sepaket buku tulis kepada siswa.

Tampak Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2022 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak hingga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turut mendampingi Gibran.

Kedatangan Gibran disambut langsung oleh Kepala SDN Klampis Ngasem III, Nisa Auliyah. Begitu tiba, rombongan kemudian diajak menuju ke Ruang Laboratorium yang sudah dipenuhi puluhan siswa-siswi kelas 5.

Di ruangan itu, Gibran membagikan sepaket buku tulis kepada beberapa siswa secara simbolis. Usai menerima buku, mereka kompak menyampaikan ucapan terima kasih.

"Terima kasih pak," teriak siswa-siswi.

Kegiatan lalu berlanjut ke ruangan lain. Kali ini Gibran mengunjungi Kelas 1 SDN Klampis Ngasem III untuk membagikan makan siang.

"Sebelum makan cuci tangan dulu ya, lalu berdoa bersama-sama," sahut Nisa Auliyah.

Para siswa-siswi selanjutnya mencuci tangan secara bersama-sama dan menyantap makanan kotak yang sudah dibagikan berisi nasi putih, sayuran, irisan pentol, beberapa potong buah dan susu.

Aksi serupa juga dilakukan mantan Wali Kota Solo itu bersama tokoh publik ke beberapa ruangan kelas di SDN Klampis Ngasem III, Sukolilo, Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Rp 15.000 per Porsi Ideal

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, blusukan di daerah Cipondoh, Kota Tangerang, pada Selasa (30/7/2024).
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, blusukan di daerah Cipondoh, Kota Tangerang, pada Selasa (30/7/2024). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sebelumnya, Gibran Rakabuming mengaku, anggaran makan bergizi gratis (MBG) tidak mungkin dipangkas hingga Rp 7.500 per porsinya. Harga Rp 15.000 per porsi tersebut dianggap sudah ideal dan memenuhi gizi seimbang.

"Ya saya kan belum dilantik, intinya sekali lagi, tidak mungkin Rp 7.500. Rp 7.500 dapat apa?"tegasnya, saat ditemui sejumlah wartawan di daerah Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa (30/7/2024).

Sebab, dari jauh-jauh hari Gibran mengaku, pihaknya sudah melakukan uji coba terhadap paket makan siang gratis seharga Rp 15.000.

"Yang sudah kita uji cobakan disekitar Rp15.000, itu sudah termasuk susu, ayam, nasi, sayur, buah,"ungkapnya.

Sementara itu dilain pihak, Pemkot Tangerang siap melakukan pra-uji coba makan siang gratis pada Kamis, 1 Agustus 2024. Nantinya, akan ada ratusan siswa dari 5 sekolah yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

"Kita rencana besok, untuk uji coba makan bergizi gratis, kita laksanakan di 5 sekolah. Dengan budget Rp15.000 per porsinya,"kata PJ Wali Kota Tangerang, Nurdin.

Lalu, dilanjutkan dengan pelaksanaan uji coba secara keseluruhan pada tanggal 5 sampai 9 Agustus 2024. Nurdin berharap, Presiden Jokowi mau menghadiri dan meninjau langsung pelaksanaan uji coba tersebut.

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya