Sayur Putungo Jantung Pisang, Ciri Khas Kuliner Otentik di Gorontalo

Sebuah olahan jantung pisang yang menyajikan keunikan daerah Gorontalo. Sayur Putungo merupakan olahan khas Gorontalo yang berbahan dasar jantung pisang yang sudah direbus.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 08 Okt 2024, 01:00 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 01:00 WIB
Jantung Pisang
Olahan sayur putungo jantung pisang khas Gorontalo. Foto: Cookpad (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Di tanah serambi madinah, Gorontalo keragaman kuliner Nusantara, memiliki kekayaan rasa yang tak terbantahkan. Salah satu yang menjadi magnet bagi penikmat kuliner adalah Sayur Putungo.

Sebuah olahan jantung pisang yang menyajikan keunikan daerah Gorontalo. Sayur Putungo merupakan olahan khas Gorontalo yang berbahan dasar jantung pisang yang sudah direbus.

Kemudian jantung pisang itu dicampur dengan kelapa dan daging ikan. Namun, yang menjadikan hidangan ini istimewa adalah kuahnya.

Kuah Sayur Putungo terbuat dari campuran rempah pilihan yang memberikan sensasi rasa yang tak terlupakan. Menurut penduduk setempat, Ani Harun, makanan ini memiliki kelezatan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

"Kalau belum mencoba Sayur Putungo, berarti belum merasakan Gorontalo seutuhnya," kata Ani dengan senyum lebar.

Tak hanya digemari oleh warga lokal, Sayur Putungo juga telah berhasil mencuri hati wisatawan dari luar daerah.

Hidangan ini menjadi salah satu olahan makanan yang paling dicari saat berkunjung ke Gorontalo.

"Rasanya sangat unik, berbeda dengan makanan di tempat lain. Kuahnya yang khas membuat saya ingin mencoba lagi," ungkap Rina, wisatawan asal Jakarta.

Sayur Putungo dapat dengan mudah ditemukan di berbagai rumah makan khas Gorontalo. Peminat terhadap Sayur Putungo selalu tinggi.

"Rumah makan di Gorontalo selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan dan memastikan kami mendapatkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan,"ujarnya.

Dirinya meminta agar wisatawan untuk mencicipi kekayaan kuliner Sayur Putungo yang menjadi simbol dari keragaman dan keunikan yang dimiliki oleh Nusantara.

"Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencicipi hidangan ini, jangan ragu untuk mengunjungi Gorontalo dan merasakan sendiri sensasi rasa yang ditawarkan oleh Sayur Putungo," ia menandaskan.

 

Simak juga video pilihan berikut:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya