Menanti Hasil Pemilu AS, Bursa Saham Asia Menguat

Saham di Asia-Pasifik sebagian besar lebih tinggi pada perdagangan Rabu pagi

oleh Tira Santia diperbarui 04 Nov 2020, 09:00 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2020, 09:00 WIB
Pasar Saham di Asia Turun Imbas Wabah Virus Corona
Orang-orang berjalan melewati layar monitor yang menunjukkan indeks bursa saham Nikkei 225 Jepang dan lainnya di sebuah perusahaan sekuritas di Tokyo, Senin (10/2/2020). Pasar saham Asia turun pada Senin setelah China melaporkan kenaikan dalam kasus wabah virus corona. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Liputan6.com, Jakarta - Saham di Asia-Pasifik sebagian besar lebih tinggi pada perdagangan Rabu pagi karena investor di Asia-Pasifik menunggu hasil pemilihan presiden AS antara petahana Donald Trump dan mantan Wakil Presiden Joe Biden.

Dikutip dari CNBC, Rabu (4/11/2020), di Jepang, Nikkei 225 naik 0,95 persen sedangkan indeks Topix naik 0,76 persen. Kospi Korea Selatan juga naik 0,67 persen.

Sementara itu, saham di Australia merosot, karena S & P / ASX 200 merosot sekitar 0,2 persen.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang diperdagangkan 0,11 persen lebih tinggi.

Di depan data ekonomi, penjualan ritel Australia untuk September akan dirilis sekitar 8:30 HK / SIN pada hari Rabu.

Menjelang rilis data tersebut, dolar Australia berpindah tangan pada USD 0,7194, setelah lonjakan kemarin dari bawah $ 0,708.

Kemudian di hari yang sama, survei pribadi aktivitas sektor jasa China untuk Oktober akan dirilis, dengan Indeks Manajer Pembelian layanan Caixin / Markit diharapkan sekitar 9:45 pagi HK / SIN.

Pemantauan pemilu AS

Fokus investor pada hari Rabu kemungkinan akan tertuju pada pemilihan AS.

"Kami menganggap hasil pemilu sangat tidak pasti meskipun mantan Wakil Presiden Biden memimpin dalam pemilihan nasional," tulis Joseph Capurso, kepala ekonomi internasional di Commonwealth Bank of Australia, dalam sebuah catatan. "Ketidakpastian tentang hasil pemilu dan risiko hasil yang tidak meyakinkan pada hari itu dapat mengangkat volatilitas mata uang," tambahnya.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 93,553 mengikuti level di atas 94 yang terlihat awal pekan ini.

Yen Jepang, sering dipandang sebagai mata uang safe-haven, diperdagangkan pada 104,51 per dolar setelah menguat dari level sekitar 104,7 melawan greenback kemarin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


IPO Ant Group Ditangguhkan

Rudal Korea Utara Bikin Bursa Saham Asia Ambruk
Seorang pria berjalan melewati indikator saham elektronik sebuah perusahaan sekuritas di Tokyo (29/8). Rudal tersebut menuju wilayah Tohoku dekat negara Jepang. (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

Investor juga akan memantau saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong pada hari Rabu, setelah penawaran umum perdana Ant Group yang sangat dinanti-nantikan di Shanghai dan Hong Kong ditangguhkan di tengah masalah regulasi. Alibaba memiliki sekitar 33 persen saham di Ant Group.

Pada hari Senin, bank sentral Tiongkok dan regulator mengeluarkan rancangan aturan baru untuk pinjaman mikro online, yang dapat memengaruhi Ant Group.

Ant Group ingin mengumpulkan dana di bawah USD 34,5 miliar dalam IPO terbesar di dunia, dengan pencatatan ganda di Shanghai dan Hong Kong yang awalnya direncanakan pada hari Kamis.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya