Gabung ke PSG, Lionel Messi Dibayar Pakai Kripto Selain Uang Tunai

PSG juga mengatakan, paket sambutan yang diberikan klubnya kepada Messi termasuk kripto '$PSG Fan Tokens.'

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 14 Agu 2021, 16:00 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2021, 16:00 WIB
Foto: Starting XI Berisi Kumpulan Pemain yang Dilepas Gratis Musim Ini, Ada Duet Lionel Messi dan Sergio Aguero
Penyerang: Lionel Messi. Pemain berusia 34 tahun ini dikontrak PSG selama 2 tahun dengan opsi perpanjangan 1 tahun. Di PSG ia akan bereuni dengan mantan rekannya di Barcelona, Neymar dan tentu seterunya di Real Madrid, Sergio Ramos yang kali ini jadi rekan setim. (Foto: AP/Lluis Francois Mori)

Liputan6.com, Jakarta - Pindah ke klub sepak bola Prancis Paris Saint-Germain (PSG), pembayaran untuk Lionel Messi tak hanya berbentuk uang tunai, tetapi juga kripto.

Seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (14/8/2021), Messi resmi menandatangani kontrak selama dua tahun dengan PSG minggu ini. Dalam kontrak tersebut, mantan pemain Barcelona ini mendapat gaji tahunan USD 41 juta atau sekitar Rp 588,69 miliar (asumsi kurs Rp 14.358 per dolar AS) dan biaya penandatanganan USD 30 juta atau sekitar Rp 430,75 miliar.

PSG juga mengatakan, paket sambutan yang diberikan klubnya kepada Messi termasuk kripto '$PSG Fan Tokens.'

Hal tersebut telah memicu reli token kripto setelah dikeluarkan PSG untuk para penggemarnya lebih dari setahun yang lalu. Token $PSG dibuat pada Januari 2020 dengan platform kripto Socios.com, dirancang untuk membantu PSG membangun komunitas penggemar baru.

PSG mengklaim cara membayar pemain asal Argentina dengan mata uang kripto adalah salah satu bentuk memposisikan mereka pada merek paling inovatif dan avant-garde dalam olahraga secara global.

Cryptocurrency dan token kripto adalah aset yang sangat fluktuatif dan nilainya dapat melonjak atau menyusut dalam semalam. Kritikus mengatakan, banyak dari aset kripto tidak berguna di dunia nyata dan regulator akan menekannya di tahun-tahun mendatang.

Chief partnerships officer PSG, Marc Armstrong, mengatakan, pihaknya merangkul Socios.com dan $PSG Fan Tokens setelah klub memungkinkan untuk terlibat dengan audiens global baru dan menciptakan aliran pendapatan digital yang signifikan.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manchester City Luncurkan Token Penggemar

Manchester City Vs PSG
Pelatih PSG, Mauricio Pochettino tampak memprotes keputusan wasit pada laga leg kedua semifinal Liga Champions kontra Manchester City. (Paul ELLIS / AFP)

Tak hanya PSG, klub asal Inggris, Manchester City juga meluncurkan token penggemar sendiri pada Maret menggunakan teknologi yang sama.

"Fan Tokens dan Socios.com memainkan peran yang semakin menonjol di seluruh olahraga dan tingkat yang paling tinggi," kata Alexandre Dreyfus, CEO Socios.com, dalam sebuah pernyataan.

Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi mengatakan, dunia akan terkejut oleh pendapatan finansial yang dihasilkan karena penandatanganan klub dengan pemain terkenal. Penandatanganan ini diharapkan akan membawa rezeki melalui  penjualan jersey. 

Ketika Cristiano Ronaldo menandatangani kontrak dengan Juventus pada 2018,  lebih dari USD 60 juta kausnya terjual hanya dalam 24 jam. Messi bergabung dengan PSG sebagai agen bebas setelah Barcelona mengakui bahwa mereka tidak mampu lagi untuk menindaklanjuti perjanjian kontrak lima tahun pemain elit itu.

Dia telah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA untuk pencetak gol terbanyak dan meninggalkan Barcelona setelah dua dekade bersama klub Catalan, di mana dia menyumbangkan 672 gol di semua kompetisi dan memenangkan 34 trofi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya