Tilang Elektronik Tersebar di 5 Ruas Jalan Tol Jasa Marga

Saat ini penerapan tilang elektronik di Jalan Tol Jasa Marga untuk kendaraan over speed yang terekam oleh tujuh kamera cepat

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Mar 2022, 21:32 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2022, 21:32 WIB
Ilustrasi jalan tol Jasa Marga (Dok: PT Jasa Marga Tbk)
Ilustrasi jalan tol Jasa Marga (Dok: PT Jasa Marga Tbk)

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia infrastruktur dan operator jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) siap mendukung Korlantas Polri dalam menerapkan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) di sejumlah ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group.

Hal tersebut disampaikan Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru melalui siaran persnya yang diterima Liputan6.com, ditulis Kamis (31/3/2022).

Penerapan tilang elektronik di jalan tol oleh Kepolisian tersebut menyasar dua jenis pelanggaran yaitu kendaraan yang melakukan pelanggaran kelebihan muatan (over load) dan kelebihan kecepatan (over speed).

Saat ini penerapan tilang elektronik di Jalan Tol grup Jasa Marga untuk kendaraan over speed yang terekam oleh tujuh kamera cepat (speed camera) yang tersebar di lima ruas jalan tol yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Sedyatmo dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.

“Sesuai koordinasi kami dengan pihak Kepolisian, tahap awal penerapan tilang elektronik untuk kendaraan over speed akan dimulai di kelima ruas jalan tol tersebut. Selanjutnya akan ada yang lainnya yang saat ini tengah dikoordinasikan, di mana Korlantas akan memproses integrasi sistem ETLE dengan total 25 speed camera Jasa Marga," kata dia.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan Keamanan

Tarif Tol
Sejumlah kendaraan melintasi tol dalam kota di kawasan Semanggi, Jakarta, Rabu (13/2). PT Jasa Marga Tbk (persero), mengumumkan akan melakukan penyesuaian tarif untuk 15 ruas jalan tol tahun 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara untuk penerapan tilang elektronik di jalan tol Jasa Marga Group untuk pelanggaran kendaraan over load, baru terdapat di dua ruas jalan tol dengan Weigh in Motion (WIM) yang terpasang di Jalan Tol JORR Seksi E dan Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

“Jasa Marga siap mendukung pemberlakuan penindakan tilang elektronik di jalan tol yang akan dilaksanakan oleh pihak Kepolisian. Kami berharap pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan tol berkurang sehingga meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan tol,” kata Heru.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya