Klinko Karya Imaji Pasang Harga IPO Rp 100 per Saham

PT Klinko Karya Imaji Tbk menawarkan 230 juta saham dengan nilai nominal Rp 10 per saham.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 02 Agu 2022, 19:02 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2022, 19:02 WIB
Pembukaan-Saham
Pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Klinko Karya Imaji Tbk,  perusahaan bergerak di bidang produksi dan perdagangan produk alat-alat kebersihan yang ramah lingkungan menetapkan harga saham perdana Rp 100 dalam rangka penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Harga saham perdana tersebut  berada di batas atas dari kisaran harga yang ditawarkan Rp 90-Rp 100 per saham.

Mengutip laman e-ipo, Selasa (2/8/2022), PT Klinko Karya Imaji Tbk menawarkan 230 juta saham dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Jumlah saham yang ditawarkan itu 17,59 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO.Dengan harga yang ditawarkan Rp 100 per saham itu, perseroan meraup dana Rp 23 miliar dari IPO.

Perseroan telah menunjuk PT Elit Sukses Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam rangka IPO. Penjamin pelaksana emisi efek menjamin dengan kesanggupan penuh atau full commitment terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam penawaran umum perdana saham Perseroan.

Sementara itu, seluruh dana yang diperoleh dari IPO ini, akan digunakan sekitar 40 persen untuk kebutuhan pembangunan kantor pusat, pabrik (area produksi & gudang bahan baku, dan fasilitas umum melalui pihak terafiliasi, yaitu PMT. Pembangunan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas produksi dan pengembangan kegiatan usaha Perseroan.

Kemudian, sekitar 38,75 akan digunakan untuk kebutuhan belanja modal Perseroan yaitu penambahan fasilitas produksi berupa mesin-mesin produksi guna meningkatkan kualitas produk dan kapasitas produksi serta pembelian aset berupa mobil box melalui pihak ketiga, mobil operasional melalui pihak ketiga dan peralatan kantor.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terbitkan Waran

IHSG Menguat 11 Poin di Awal Tahun 2018
Suasana di salah satu ruangan di kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Sebelumnya, Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, sekitar 21,25 persen akan digunakan sebagai keperluan modal kerja Perseroan dalam rangka pembelian bahan baku berupa benang melalui PMT dan persediaan berupa aksesoris untuk menunjang produk Perseroan melalui pihak ketiga serta pembiayaan aktivitas pemasaran produk Perseroan melalui pihak ketiga.

Bersamaan dengan penawaran umum ini, Perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 57,5 juta Waran Seri I atau sebesar 5,33 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran, yang diberikan kepada setiap pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal penjatahan secara cuma-cuma dengan ketentuan setiap pemegang 4 saham baru akan memperoleh 1 Waran Seri I di mana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. 

Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham Perseroan dengan nilai nominal Rp10 setiap saham dengan harga pelaksanaan dengan Rp100 setiap saham. Total hasil pelaksanaan Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp 5,75 miliar.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Jadwal

IHSG Awal Pekan Ditutup di Zona Hijau
Pejalan kaki melintas dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di kawasan Jakarta, Senin (13/1/2020). IHSG menguat 0,34 persen atau 21 poin ke level 6.296 pada penutupan perdagangan Senin (13/1) sore ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sedangkan, dana hasil pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan oleh Perseroan sebagai modal kerja Perseroan dalam rangka pembelian bahan baku, biaya pemasaran dan pembelian peralatan.

Jadwal 

Perkiraan Masa Penawaran Awal : 20 – 25 Juli 2022

Perkiraan Tanggal Efektif : 29 Juli 2022

Perkiraan Masa Penawaran Umum : 2 - 5 Agustus 2022

Perkiraan Tanggal Penjatahan : 5 Agustus 2022

Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 8 Agustus 2022

Perkiraan Tanggal Pencatatan Saham di Bursa Efek Indonesia : 9 Agustus 2022

Perkiraan Awal Perdagangan Waran Seri I : 9 Agustus 2022

Perkiraan Pelaksanaan Waran Seri I : 8 Februari 2023

Perkiraan Perdagangan Waran Seri I :

- Pasar Reguler dan Negosiasi : 7 Agustus 2023

- Pasar Tunai : 8 Agustus 2023

Akhir Pelaksanaan Waran Seri I : 9 Agustus 2023

Akhir Masa Berlaku Waran Seri I : 9 Agustus 2023

 

 


Alami Kelebihan Permintaan

IHSG Awal Pekan Ditutup di Zona Hijau
Pejalan kaki melintas dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di kawasan Jakarta, Senin (13/1/2020). IHSG sore ini ditutup di zona hijau pada level 6.296 naik 21,62 poin atau 0,34 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Klinko Karya Imaji Tbk mengumumkan hasil penawaran awal (bookbuilding) yang berlangsung pada 20-25 Juli 2022.

Direktur Utama, PT Klinko Karya Imaji Tbk, Anggun Supanji mengatakan antusiasme investor cukup tinggi. Tercermin dari ada kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 150 persen atau 1,5 kali.

“Sampai dengan hari penutupan penawaran, antusiasme investor terbilang cukup tinggi. Ini sangat kami apresiasi, karena artinya semakin banyak masyarakat yang berminat pada investasi ke perusahaan yang mengusung green environment seperti KLIN,” ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (1/8/2022).

Menurut Anggun, tingginya minat masyarakat terhadap saham KLIN menunjukkan kepercayaan publik pada perusahaan. Informasi saja, saat book building KLIN menawarkan harga penawaran saham dengan kisaran harga Rp 90 - Rp 100. Pasca penutupan penawaran awal, perseroan dan penjamin emisi efek menetapkan harga penawaran saham sebesar Rp 100.

"Hal ini jadi pemacu semangat perseroan untuk terus memberi kontribusi positif pada bangsa melalui inovasi dan penguatan strategi jangka panjang perusahaan,” imbuh dia.

Perseroan telah mendapat persetujuan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melaksanakan penawaran umum perdana saham mulai 2-5 Agustus 2022, dan listing di Bursa Efek Indonesia pada 9 Agustus 2022. Perseroan dengan kode ticker KLIN ini terdaftar sebagai Efek Syariah, sebab hingga saat ini KLIN tercatat tidak memiliki utang perusahaan.

Produsen alat kebersihan ramah lingkungan asal Gresik, Jawa Timur ini mengincar dana Rp 23 miliar dari IPO. Dana tersebut akan digunakan sebagian besar untuk menunjang operasional perusahaan sampai modal kerja.

Lantaran, perusahaan kini semakin memantapkan langkah untuk memperluas pasar domestik dan global. Lewat skema private label, perseroan telah merambah pasar ekspor ke tujuh negara di kawasan Asia Tenggara, Amerika Serikat, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya