Indra Sjafri Menangis Usai Nonton Film Garuda 19

Ada kado menarik jelang keberangkatan Timnas U-19 dalam rangka Piala Asia (AFC) ke Myanmar.

oleh Rizky Aditya Saputra diperbarui 03 Okt 2014, 13:10 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2014, 13:10 WIB
Garuda 19
Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Ada kado menarik jelang keberangkatan Timnas U-19 dalam rangka Piala Asia (AFC) ke Myanmar 10 Oktober 2014 mendatang. Mizan Production yang bekerja sama dengan Pertamina Enduro menyuguhan sebuah film tentang kerasnya perjuangan Garuda Muda. Film ini diharapkan bisa melecut semangat anak asuhan Indra Sjafri untuk kembali mengukir prestasi.

Aktor kawakan Mathias Muchus menjadi tokoh sentral dalam Garuda 19. Memerankan tokoh Indra Sjafri, Mathias tampak garang dengan kumis hitamnya. Selain itu, suami Mira Lesmana ini juga mengaku banyak belajar ketika mendalami sosok pelatih eksentrik tersebut.

"Saya memainkan sosok Indra Sajfri, pelatih yang sangat fenomenal. Menariknya, di film ini saya jauh dari wawasan olahraga terutama sepak bola. Tapi kemudian setelah didalami rupanya banyak pelajaran yang berharga," ujar Mathias Muchus di gala premier Garuda 19, Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (2/10/2014).

"Syutingnya keliling Indonesia karena perjalanan Indra Sajfri mencari pemain dari satu tempat ke tempat lain. Saya ke Jogja, Solo, Pasuruan, dan Sorong. Tapi dari situ saya sedikit merasakan apa yang dirasakan coach Indra, apalagi dengan minimnya perhatian dari pemerintah pusat," sambung Mathias.

Sang sutradara, Andibachtiar Yusuf menyatakan optimismenya. Ia yakin film `Garuda 19` ini akan mendapat sambutan hangat, terutama dari pecinta olahraga sepak bola.

"Yakin (banyak ditonton) dan semoga film ini dibicarakan banyak orang. Menurut saya semua film punya harapan, dan Garuda 19 menggambarkan kondisi sepak bola saat ini. Kita melihat bola hanya di sekitar Pulau Jawa, padahal banyak yang berbakat di daerah lain," terang Andibachtiar.

Meski sosok Indra Sajfri asli tak hadir di gala premier, namun film ini telah diperlihatkan kepada Indra. Respon pun positif, bahkan pelatih asal Padang itu sempat meneteskan air matanya tanda haru.

"Coach Indra sudah menonton. Cukup terharu dan meneteskan air mata ya. Sekarang beliau memilih mendampingi anak asuhnya di Yogyakarta," pungkasnya.

Film Garuda 19 bercerita tentang bagaimana perjuangan Indra Sjafri dalam menemukan bakat Evan Dimas Cs dari kampung ke kampung. Tergambar juga bagaimana mirisnya nasib para calon atlet ketika tiba di Jakarta dan tak mendapat fasilitas yang layak.

Film adaptasi buku `Semangat Membatu` karya FX Rudy Gunawan dan Guntur Cahyo Utomo. Rencananya film ini tayang serentak di seluruh bioskop pada 9 Oktober 2014. Nama-nama Ibnu Jamil, Mandala Shoji, Reza Aditya, Bilqis Atari, dan Sumarlin Beta juga ikut meramaikan.(Ras/Mer)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya