Penyanyi Sekaligus Penulis Lagu Jimmy Buffett Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun

Jimmy Buffett meninggal dunia seperti dikabarkan melalui akun resmi twitter miliknya pada Jumat (01/09/2023) malam.

oleh Vera Utami diperbarui 03 Sep 2023, 12:40 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2023, 12:40 WIB
Jimmy Buffett
Jimmy Buffett (Chris Granger/ The Times - Picayune/ The New Orleans Advocate via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari penyanyi sekaligus penulis lagu senior Jimmy Buffett. Melalui sebuah unggahan di akun resmi twitter milik Jimmy, dikonfirmasi bahwa pria yang telah memopulerkan lagu Margaritaville ini meninggal dengan damai pada malam, Jumat (01/09/2023).

“Jimmy meninggal dengan damai pada malam tanggal 1 September dikelilingi oleh keluarga, teman, musik, dan anjingnya. Dia menjalani hidupnya seperti sebuah lagu sampai nafas terakhirnya dan akan sangat dirindukan oleh banyak orang,” dikutip dari  twitternya.

Musik yang berhasil melambungkan karirnya membuat nama Jimmy kian dicintai fans dan rekan-rekan terdekat. Banyak figur publik yang merasa berduka dengan kabar kepergian penyanyi asal Amerika itu tak terkecuali bagi Paul McCartney. Pendiri The Beatles ini menyampaikan rasa kehilangannya melalui twitter.

"Tampaknya begitu banyak orang hebat yang meninggalkan dunia ini, dan kini Jimmy Buffett adalah salah satunya. Saya sudah mengenal Jimmy selama beberapa waktu dan menganggapnya sebagai salah satu orang paling baik dan dermawan," tulisnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Meninggal

Diketahui bahwa Jimmy meninggal di usia 76 tahun. Namun dalam unggahannya, tidak disebutkan terkait penyebab kematian pria kelahiran 1977 ini atau lokasi di mana ia menghembuskan napas terakhir kali.

Merangkum dari berbagai sumber, Jimmy telah lama menderita kanker kulit sehingga ia harus menjadwalkan ulang konser pada bulan Mei. Ia juga pernah menulis pernyataan di media sosial terkait kondisi kesehatannya yang memburuk tapi tidak memberikan informasi rumah sakit di mana ia menjalani perawatan.


Perjalanan Karir Jimmy Buffett

Jimmy merilis album debutnya yang bertajuk Down to Earth pada 1970. Lalu pada 1977, albumnya yang bertajuk Changes in Latitude, Changes in Attitudes dirilis dan salah satu lagunya Margaritaville berada di puncak delapan Billboard Hot 100 dan mendominasi Billboard Hot Adult Contemporary Tracks.

Berkat Margaritaville namanya semakin dikenal luas oleh publik dan menerima banyak tawaran pekerjaan. Ia pun memanfaatkan kepopulerannya ini untuk memulai berbagai usaha komersial seperti membuka restoran yang diberi nama Margaritaville.

Pada 2006, Jimmy melebarkan sayap di industri perfilman melalui debutnya sebagai aktor dalam Hoot. Kemudian pada 2017, ia menciptakan musikal berjudul Escape to Margaritaville yang ditampilkan di San Diego, New Orleans, Houston dan Chicago.


Berkontribusi dalam Kegiatan Amal

Margaritaville benar-benar keberuntungan bagi Jimmy. Lagu ini bahkan disebut sebagai lagu yang paling menguntungan yang pernah ditulis karena banyak diputar di resor, hotel, kasino dan bar-bar di seluruh dunia.

Selain sukses di industri hiburan, namanya juga dikenal karena memiliki kontribusi dalam kegiatan amal. Jimmy dan mantan walikota Florida Bob Graham mendirikan Save the Manatee Club sebuah klub penyelamat terkemuka di dunia pada 1981. Ia juga memiliki kepedulian terhadap lautan dengan berkontribusi pada Gulf Specimen Marine Laboratory.

Infografis Amuk Gunung di Selat Sunda
Infografis Amuk Gunung di Selat Sunda
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya