Jemaah Haji Kecewa Tambahan 5 Liter Air Zam-Zam Tak Kunjung Tiba di Surabaya: Kalau Sulit, Sampaikan Saja

Jemaah haji Kloter 80 asal Kota Surabaya, Dwi Prasetyo, mengaku kecewa dengan janji manis Kemenag terkait air zam-zam tambahan sebanyak 5 liter yang tidak kunjung datang. Ia berharap Kemenag tidak memberikan janji manis, jika tak mampu merealisasikannya.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 23 Agu 2023, 20:03 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2023, 20:03 WIB
Antre Ambil Air Zamzam
Jemaah haji Kloter 2 asal Banten antre mengambil air zam-zam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (29/8). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membagikan air zam-zam sebanyak lima liter per jemaah secara cuma-cuma. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

 

Liputan6.com, Surabaya - Jemaah haji Kloter 80 asal Kota Surabaya, Dwi Prasetyo, mengaku kecewa dengan janji manis Kemenag terkait air zam-zam tambahan sebanyak 5 liter yang tidak kunjung datang. Ia berharap Kemenag tidak memberikan janji manis, jika tak mampu merealisasikannya.

"Kalau memang sulit diwujudkan, sebaiknya disampaikan aja ke para jemaah haji. Biar kita tak menunggu hal yang tidak pasti," katanya, Rabu (23/8/2023).

Jemaah haji lainnya Holis Mahsuni, mengaku heran dengan janji Kemenag terkait air zam-zam tambahan 5 liter belum juga diterima jemaah haji. Padahal, kata dia, musim haji tahun ini telah berakhir pada 5 Agustus 2023.

"Saya gak tahu apa penyebab lamanya air zam-zam tambahan ini, kok sampai sekarang belum juga diterima para jemaah haji," ujarnya.

Jemaah haji Kloter 79 asal Pulau Bawean Kabupaten Gresik, ini menyebut jemaah haji sepulangnya dari Tanah Suci hanya boleh membawa 5 liter, sementara 5 liter tambahan dari Kemenag akan diberikan sesampainya di Indonesia, tapi faktanya nihil.

"Di grup WhatsApp bahkan ada jemaah haji kloter pertama belum menerima, apalagi yang kloter terakhir," kata bapak satu anak ini.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram mengungkapkan, air zam-zam tambahan 5 liter belum diterima oleh para jemaah haji. Alasannya, pihaknya juga masih menunggu kiriman dari petugas haji di Arab Saudi.

"Inggih (iya) benar, karena masih menunggu kedatangan tambahan air zam-zam ke Kanwil Kemenag Prov Jawa Timur," ujar Maram, sapaan akrabnya, Rabu (23/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belum Tahu Kapan Datangnya

Antre Ambil Air Zamzam
Tumpukan air zam-zam untuk jemaah haji Kloter 2 asal Banten di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (29/8). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membagikan air zam-zam sebanyak lima liter per jemaah secara cuma-cuma. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Maram mengaku belum mengetahui pasti kapan tambahan 5 liter air zam-zam itu akan tiba di Indonesia. Ia berjanji akan segera mendistribusikan ke jemaah haji asal Embarkasi Surabaya, begitu air zam-zam tambahan tiba di Tanah Air.

"Kita tunggu saja, moga-moga secepatnya nggih. Insya Allah kalau sudah datang, segera kami distribusikan melalui Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se- Jatim dan diberikan kepada seluruh jamaah haji termasuk yang wafat (keluarga terkait)," ucapnya.

Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya