2 Ribu Personel Satlinmas Siaga Amankan Pemilu 2024 di Kediri, Bantu KPPS Arahkan Pemilih di TPS

Pemerintah Kota Kediri menyiagakan sebanyak 2.042 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk ikut serta mengamankan Pemilu 2024.

oleh Tim Regional diperbarui 06 Feb 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2024, 18:03 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024 (Istimewa)
Ilustrasi Pemilu 2024 (Istimewa)

Liputan6.com, Kediri - Pemerintah Kota Kediri menyiagakan sebanyak 2.042 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk ikut serta mengamankan Pemilu 2024.

"Pemilu menjadi proses penting dalam demokrasi, untuk menyukseskan hal itu perlunya peran Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat proses pemungutan maupun perhitungan suara," kata Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah, Selasa (6/2/2024).

Zanariah menjelaskan, beberapa peran Satlinmas saat kegiatan pemilu yaitu membantu menjaga keamanan dan ketertiban di TPS, membantu KPPS mengatur dan mengarahkan pemilih, melakukan patroli di sekitar TPS untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, memonitor dan melaporkan situasi kondisi di TPS kepada KPPS dan aparat keamanan, serta terakhir membantu mengamankan kotak suara dan dokumen pemilu lainnya.

Ia juga berpesan kepada Satlinmas Kota Kediri untuk jaga situasi kondusif, meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan.

Selain itu, ia juga meminta Satlinmas untuk menjaga netralitas, bekerja sama dengan baik dengan KPPS dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas, jaga nama baik Satlinmas, serta jaga kesehatan dan stamina.

"Saya yakin, dengan dedikasi, disiplin, dan integritas yang dimiliki seluruh anggota Satlinmas, tugas mulia ini dapat dilaksanakan dengan baik. Selamat bertugas, semoga lancar hingga selesai pemilu," kata dia.

Anggota KPU Kota Kediri Moch Wahyudi mengatakan dalam pelaksanaan Pemilu 2024, peran linmas tentunya sangat dibutuhkan baik saat proses distribusi logistik, menjaga logistik, hingga menjaga tempat pemungutan suara (TPS) nantinya.

Ia mengatakan, nantinya linmas yang ditugaskan adalah satu TPS dua linmas. Mereka berjaga memastikan keamanan dalam proses pemungutan suara.

"Masing-masing TPS ada dua linmas yang ditugaskan. Nanti juga dibantu dari polisi," ucap dia.

Di Kota Kediri, terdapat 233.962 pemilih. Aspirasi mereka disalurkan di 856 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kota Kediri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemilu Serentak Digelar 14 Februari 2024

Dua TPS di Tangerang Selatan Lakukan Pencoblosan Ulang
Warga memasukkan surat suara ke dalam kotak saat pemungutan ulang Pemilu 2019 di TPS 49 Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Rabu (24/4). Pencoblosan ulang dilakukan lantaran ditemukannya pelanggaran oleh Bawaslu saat pemilu serentak pada 17 April 2019 lalu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya