Xiaomi Mulai Debut di Prancis

Xiaomi akhirnya resmi memulai debut secara resmi di pasar Prancis pada Selasa (22/5/2018).

oleh Andina Librianty diperbarui 24 Mei 2018, 09:30 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2018, 09:30 WIB
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi resmi menambah satu negara lagi sebagai wilayah pemasarannya. Seperti yang dimumkan pada awal bulan, Xiaomi akhirnya memulai debut resminya di Prancis pada Selasa (22/5/2018) waktu setempat.

Dilansir GSM Arena, Kamis (24/5/2018), kehadiran Xiaomi ini ditandai dengan pembukaan toko resmi di 39 Boulevard de Sébastopol, Paris. Perusahaan juga memulai penjualan jajaran perangkatnya melalui toko online baru untuk pasar Prancis.

Pembukaan toko resmi Xiaomi mendapatkan sambutan antusias di Paris. Berdasarkan gambar yang beredar, banyak orang penasaran untuk melihat isi toko tersebut. Mereka tampak mengantre di depan toko, meski hujan turun.

Kehadiran Xiaomi di Prancis akan semakin memperkuat pasarnya di wilayah Eropa. Berdasarkan laporan perusahaan riset Kantar Worldpanel pada awal bulan ini, Xiaomi merupakan vendor smartphone empat besar di lima negara Eropa.

Setelah Prancis, Xiaomi juga melebarkan sayapnya di negara Eropa lain yakni Italia. Perusahaan asal Tiongkok itu akan memulai ekspansi di Italia secara resmi pada 24 Mei 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Xiaomi Tempati Posisi Vendor Smartphone Terbesar Keempat

Lei Jun, Founder & CEO Xiaomi. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar
Lei Jun, Founder & CEO Xiaomi. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Berdasarkan data perusahaan riset Strategy Analytics, Xiaomi berhasil menduduki posisi keempat di daftar vendor smartphone top dunia. Xiaomi pada kuartal I 2018 berhasil mengapalkan 28,3 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 8,2 persen.

Posisi pertama di tempati Samsung dengan pengapalan 78,2 juta unit dan pangsa pasar 22,6 persen. Posisi dua dan tiga di tempati oleh Apple dan Huawei.

Apple mengapalkan 52,2 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 15,1 persen, sedangkan Huawei 39,3 juta unit dengan 11,4 persen pangsa pasar. Oppo menutup posisi lima besar dengan pengapalan 24,1 juta unit smartphone dan memiliki pangsa pasar 7 persen.

Adapun total pengapalan smartphone Year-over-Year turun 2,4 persen dari 353,8 juta pada kuartal I 2017, menjadi 345,4 juta pada kuartal I 2018.


Xiaomi Buka 6 Mi Store Baru di Indonesia

Xiaomi
CEO Xiaomi Lei Jun memperkenalkan Mi MIX 2s. Foto: Xiaomi

Terlepas dari produk baru, bisnis Xiaomi terus berkembang. Berdasarkan data perusahaan riset Canalys, pangsa pasar Xiaomi pada kuartal I 2018 mencapai 18,3 persen atau menempati posisi dua di pasar smartphone Indonesia.

Xiaomi pun kian memperkuat posisinya dengan membuka enam authorized Mi Store baru di Indonesia. Selain Jabodetabek, toko resmi kali ini juga dibuka di Medan dan Malang.

"Tingkat permintaan produk kami di Indonesia sangat fenomenal, dan salah satu cara untuk memenuhi permintaan tersebut adalah dengan meningkatkan keberadaan kami. Itulah mengapa kami membuka tidak hanya satu, atau dua, tetapi enam authorized Mi Store secara bersamaan," tutur Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager, Steven Shi, dalam keterangan resminya pada Senin (14/5/2018).

Autorized Mi Store adalah toko ritel eksklusif Xiaomi yang dirancang untuk menawarkan beragam produk resmi. Beberapa produk yang ditawarkan seperti Redmi Note 5, Redmi 5, Redmi 5 Plus, Redmi Note 5A, Redmi Note 5A Prime, dan Mi A1.

Tak hanya itu, ada pula sejumlah ekosistem produk lain yang ditawarkan, seperti Mi Band, Mi Power Bank, dan Mi Bluetooth Speaker.

Para pelanggan nantinya juga dapat mencoba dan melihat secara langsung keunggulan dari seluruh produk yang ditampilkan oleh Xiaomi.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya