HMD Global Tunda Peluncuran Nokia 9 hingga Tahun Depan, Kenapa?

Dianggap masih belum sempurna, HMD Global dikabarkan menunda peluncuran Nokia 9 hingga tahun depan.

oleh Yuslianson diperbarui 18 Sep 2018, 14:00 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2018, 14:00 WIB
Nokia
Jajaran smartphone Nokia (Foto: screenshot)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, tersiar kabar HMD Global tengah bersiap untuk meluncurkan Nokia 9 pada akhir 2018.

Sayang, informasi terkini menyebutkan smartphone dengan lima lensa kamera (penta-lens) itu ditunda peluncurannya hingga tahun depan.

Dilansir Phone Arena, Selasa (18/9/2018), keputusan untuk menunda peluncuran smartphone itu diyakini berasal dari Chief Product Office, Juho Sarvikas.

Ia menganggap, Nokia 9 masih belum 'sempurna' dan baru siap diperkenalkan pada Februari 2019 bertepatan dengan gelaran acara MWC 2019 di Barcelona, Spanyol.

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama perusahaan menunda peluncuran smartphone teranyarnya.

Sebelum ini, HMD Global juga melakukan hal yang sama ketika meluncurkan Nokia 8 Sirocco di MWC 2018.

Karena keputusannya menunda peluncuran Nokia 9, sejumlah karyawan HMD Global dibuat geram dan diklaim sengaja membocorkan foto smartphone itu di internet beberapa waktu lalu sebagai tindakan balas dendam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tampilan Nokia 9 dengan 5 Lensa Kamera

Bocoran smartphone Nokia dengan lima lensa. (Foto: Ubergizmo)

Lebih lanjut, HMD Global memang belum resmi mengeluarkan informasi apapun terkait smartphone flagship baru ini. Namun, bocoran desain perangkat dengan lima lensa tersebut belum lama ini terkuak di internet.

Dari gambar yang diperlihatkan, tampak desain smartphone memperlihatkan kover belakang bertuliskan "Nokia" di tengah.

Sementara, di atasnya bertengger kamera dengan lima lensa, dilengkapi dengan satu lampu LED Flash dan sensor yang ditempatkan dalam bentuk lingkaran.

Pun begitu, menurut informasi yang dilansir Ubergizmo, Kamis (6/9/2018), belum bisa dipastikan soal keaslian bocoran desain ini.

 


Spesifikasi Nokia 9

Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

Smartphone ini disebut akan memiliki layar 5,7 inci. Selain Nokia 9, sumber itu juga mengungkapkan perusahaan sedang menyiapkan Nokia 8 Pro yang hadir dengan layar 5,5 inci.

Untuk Nokia 9, rumor yang paling menarik adalah dukungan modul kamera penta-lens. Selain itu, Nokia 9 juga digadang-gadang akan menjadi perangkat pertama HMD dengan pemindai sidik jari di layar.

Menurut kabar yang beredar, Nokia 9 juga memiliki perbedaan signifikan dengan Nokia 8 Sirocco yang dirilis HMD Global di konferensi Mobile World Congress (MWC) 2018.

Di antara berbagai spesifikasi lainnya, Nokia 9 kemungkinan punya layar lengkung edge-to-edge seperti milik Nokia 8 Sirocco. Kendati begitu, rasio aspeknya sebesar 18:9.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya