Trafik Bakal Naik, Indosat Siapkan Jaringan untuk Natal dan Tahun Baru 2019

Khusus untuk layanan data, kapasitas ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 21 Des 2018, 16:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2018, 16:00 WIB
Tower BTS
Ilustrasi Tower BTS (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - Indosat menyatakan telah menyiapkan jaringan dan layanan untuk mendukung komunikasi pelanggan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (21/12/2018), Indosat menyiapkan kapasitas layanan data, suara, dan SMS. Khusus untuk layanan data, kapasitas ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Pasalnya, kini layanan data menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat, seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Tidak hanya itu, kapasitas layanan suara ditingkatkan jadi 2.249 juta menit per hari. Sementara kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS/hari.

Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic mengatakan, kesiapan jaringan untuk menghadapi lonjakan trafik telah jadi bagian dari strategi pengembangan jaringan Indosat tiap tahunnya.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan jaringan berkualitas video yang kompetitif bagi pelanggan di era komunikasi data saat ini, termasuk memberikan user experience yang tetap prima pada saat peningkatan trafik,” kata Dejan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukung Paket Unlimited Instagram

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Kesiapan jaringan ini juga dilakukan untuk mendukung paket baru yang dirilis Indosat, yakni Unlimited Instagram.

Paket ini memberikan keleluasaan pengguna untuk mengakses Instagram secara unlimited di jaringan 4G Indosat.

Bicara tentang kesiapan jaringan di atas, Dejan mengatakan, masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang mungkin terjadi.

Semua kenaikan kapasitas juga didukung oleh 11.636 BTS secara nasional. Dengan demikian, Indosat optimistis mampu melayani 64,1 juta pelanggan di seluruh Indonesia.


Lakukan Monitoring Jaringan

Ilustrasi BTS Indosat
Ilustrasi BTS Indosat (Liputan6.com/Sangaji)

Guna memastikan semua layanan Indosat Ooredoo dapat melayani masyarakat dan pelanggan dengan baik, kegiatan monitoring jaringan akan dilakukan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center).

i-NOC merupakan fasilitas monitoring dan pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk semua layanan Indosat Ooredoo.

i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya