Cara Membuat Facebook dan Kegunaannya bagi Pebisnis, Mudah dan Efisien

Di Indonesia sendiri, Facebook juga termasuk salah satu media sosial yang banyak dipakai dan digunakan.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Jan 2019, 14:20 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2019, 14:20 WIB
Facebook
Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Liputan6.com, Jakarta Facebook merupakan salah satu media sosial paling popular di jagat raya. Tak bisa dimungkiri, hampir semua orang terkoneksi di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Berbagai fitur di Facebook memang memudahkan kita untuk keep in touch lagi dengan teman lama, keluarga jauh, atau teman-teman dekat di sekitar kita.

Di Indonesia sendiri Facebook juga termasuk salah satu media sosial yang banyak dipakai dan digunakan. Walaupun saat ini sudah banyak saingannya seperti Instagram, Twitter dan lain sebagainya, namun Facebook tetap termasuk salah satu media sosial yang sering diakses dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Walaupun pengguna Facebook semakin banyak, ternyata masih ada orang yang belum begitu paham bagaimana cara membuat Facebook. Cara membuat Facebook sebenarnya cukup mudah, apalagi kamu tidak memerlukan biaya apapun untuk proses membuatnya alias gratis. Namun, yang agak sulit itu adalah cara menghapus Facebook nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Facebook

Facebook
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Berikut cara membuat Facebook seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/1/2019). Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan untuk memulai membuat akun Facebook, di antaranya:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs Facebook, akses terlebih dahulu facebook.com.

2. Isi kolom yang sudah disediakan dengan data-data diri kamu.

3. Nama Depan, isi dengan nama depanmu.

4. Nama Belakang, isi dengan nama belakangmu.

5. Email Anda, isi dengan alamat email.

6. Masukkan Ulang Email, isi kembali dengan alamat email.

7. Kata Sandi Baru, isi dengan kata sandi atau password yang kamu inginkan. (Sebaiknya buatlah password yang mudah diingat tapi masih cukup kuat sehingga orang lain tidak mudah tahu atau dibajak oleh orang lain).

8. Tanggal Lahir, pada bagian ini, pilihlah tanggal, bulan, dan tahun kelahiranmu.

9. Jangan lupa untuk memilih jenis kelamin.

10. Lalu klik tombol 'Mendaftar' yang ada di bagian bawah.

Setelah itu akan muncul halaman berikutnya, di mana kamu diminta untuk mengisi informasi tambahan. Di halaman ini, kamu bisa melakukan beberapa hal yaitu mengisi data-data lainnya yang dianggap penting sehingga dengan mudah bisa mencari teman lainnya.

1. Langkah 1: Mencari teman yang ada dalam daftar email kita yang sudah punya akun Facebook

2. Langkah 2: Mengisi nama sekolah, perguruan tinggi, tempat kerja, kota tempat tinggal, dan kota asal

3. Langkah 3: Mengunggah foto atau avatar

Jika tidak ingin mengisi data tersebut. kamu bisa lewati atau diisi belakangan dengan menekan tombol 'Lewati langkah ini' lalu menekan tombol 'Simpan dan lanjutkan'. 


Cara Membuat Facebook

Facebook
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Selanjutnya akan muncul halaman baru di mana kamu diminta untuk melakukan konfirmasi melalui alamat email yang digunakan untuk mendaftar. Silahkan kamu buka email yang digunakan untuk mendaftar di Facebook, lalu cari email dari Facebook. Buka email tersebut dan klik tombol yang bertuliskan 'Konfirmasi Akun Anda', nanti akan muncul halaman Facebook-mu yang baru.

Untuk menyelesaikan pembuatan akun, kamu harus mengonfirmasikan bahwa kamu adalah pemilik email atau nomor ponsel yang digunakan untuk membuat akun tersebut:

1. Untuk mengonfirmasikan nomor ponselmu, masukkan kode yang kamu terima melalui pesan teks (SMS) di kotak Konfirmasi yang muncul saat kamu masuk. Pelajari apa yang harus dilakukan jika kamu tidak mendapatkan SMS.

2. Untuk mengonfirmasikan emailmu, klik atau ketuk tautan di email yang kamu terima ketika membuat akun. Pelajari apa yang harus dilakukan jika kamu tidak dapat menemukan emailnya.

3. Dengan mengonfirmasi email atau nomor ponsel, kamu membantu Facebook mengetahui bahwa Facebook mengirimkan informasi akun ke orang yang tepat.

4. Catatan: Harap segera konfirmasi email atau nomor ponselmu. Kamu tidak akan dapat menggunakan akunmu hingga kamu mengonfirmasikan email atau nomor ponsel. Sampai di situ kamu sudah menyelesaikan cara mendaftar Facebook yang benar.


Cara Membuat Facebook untuk Pebisnis

Ilustrasi Facebook - Media sosial
Ilustrasi Facebook - Media sosial (Foto: Unsplash.com/William Iven)

1. Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke halaman 'pembuatan halaman' atau Create Pages. Di dalam laman satu ini akan muncul 6 kategori seperti Local Business or Place, Entertainment sampai dengan Cause or Community.

2. Langkah berikutnya adalah kamu dapat memilih salah satu dari ke-6 kategori tersebut dan mulai memasukkan jenis usaha apa yang kamu geluti beserta informasi terkaitnya.

3. Setelah kamu telah memilih kategori dan mengisikan informasinya, klik 'I Agree to Facebook Pages Terms' dan klik 'Get Started.'

4. Selanjutnya adalah mengenai pengaturan halaman atau page. Dalam laman ini, kamu akan dipandu untuk mengisikan beberapa kolom yang nantinya akan muncul sebagai informasi page kamu tersebut. Setelah semua kolom diisi, kamu dapat meng-klik 'Save Info'.

5. Setelah meng-klik 'Save Info,' kamu akan dibawa ke laman berikutnya yaitu halaman pengaturan admin. Di halaman ini kamu dapat mengatur segala hal mulai dari mengundang teman sampai dengan menambahkan gambar di atas timeline page.

6. Kamu juga dapat mengirimkan email ke pelanggan setia untuk memberitahukan soal page baru ini atau juga menyebarkannya ke tempat-tempat lain dengan tujuan agar dapat menjaring lebih banyak orang yang mengunjungi dan terintegrasi dengan page tersebut dengan cara meng-klik tombol 'Like.'

7. Dengan meng-klik tombol 'Like,' maka secara otomatis semua update baik hanya berupa sharing cerita, informasi sampai dengan produk baru akan dapat diketahui oleh para pelanggan yang sudah meng-klik tombol tersebut secara langsung.

 

 

Reporter: Heri Setiawan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya