Cara Pakai Fitur My Top 5 Spotify untuk Rayakan BTS Anniversary

Spotify merilis fitur My Top 5 untuk merayakan BTS Anniversary hari ini, Selasa (13/6/2023), begini cara pakainya

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 13 Jun 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2023, 18:00 WIB
My Top 5: BTS Songs kini dirilis di Spotify (Spotify)
My Top 5: BTS Songs kini dirilis di Spotify (Spotify)

Liputan6.com, Jakarta - Grup K-Pop BTS hari ini, Selasa (13/6/2023) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-10. Seperti diketahui, grup musik asal Korea Selatan ini punya fanbase yang besar di seluruh dunia.

Menyambut sekaligus memeriahkan perayaan tersebut, platform streaming Spotify meluncurkan fitur My Top 5: BTS Songs.

My Top 5: BTS Songs merupakan pengalaman interaktif yang memungkinkan pendengar untuk menentukan peringkat dan mengurasi lagu-lagu favorit mereka dari sejumlah pilihan album dan lagu BTS, lalu membagikannya dengan teman-teman di media sosial.

"Bersama Spotify, BTS telah mengurasi album ini secara khusus sebagai bentuk perayaan atas karya mereka dalam satu dekade terakhir, yang dapat dinikmati dengan menggunakan aplikasi," tulis Spotify melalui siaran persnya.

Platform streaming ini pun menambahkan, fitur Spotify My Top 5: BTS Songs ini telah tersedia di 48 negara, salah satunya adalah Indonesia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

My Top 5: BTS Songs kini dirilis di Spotify (Spotify)
My Top 5: BTS Songs kini dirilis di Spotify (Spotify)

Cara Pakai My Top 5 BTS di Spotify

Buat kamu para ARMY atau yang suka lagu-lagu BTS, bisa menjajal fitur Spotify ini, untuk ikut memperingati BTS Anniversary:

  • Pastikan aplikasi Spotify pada ponsel telah diperbarui dengan versi terbaru yang tersedia di App Store atau Play Store
  • Kunjungi https://spotify.com/top5 melalui ponselmu
  • Nantinya, akan ditampilkan koleksi lagu-lagu BTS yang telah dikurasi. Kamu bisa memilih lima lagu favoritmu. Geser dan susun ulang lagu-lagu tersebut dalam layar untuk membuat daftar favoritmu.
  • Setelah itu, kamu akan menerima kartu digital yang dipersonalisasi, isinya adalah pilihanmu untuk dibagikan dan dibandingkan di media sosial.

Yang baru di fitur My Top 5 ini, kamu bisa memilih kartu yang menampilkan bias-mu di grup BTS, misalnya anggota grup favorit.

"Setiap langkah dalam perjalanan kami memiliki keunikan dan terasa berbeda di sepanjang jalannya. Kami berharap pengalaman baru My Top 5: BTS Songs dapat dinikmati banyak orang dan berbagi lagu favorit mereka dengan kami," tulis BTS melalui siaran pers.

Sebelumnya, Spotify juga menghadirkan My Top 5 dengan musisi-musisi lainnya seperti The Weeknd, Kendrick Lamar, dan ROSALÍA, yang diklaim mendapat sambutan positif dari para pengguna di seluruh dunia.


Komedi Jadi Genre Podcast Paling Banyak Diminati

Aplikasi Spotify
Aplikasi Spotify. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, Spotify melaporkan, komedi menjadi genre yang paling banyak didengarkan oleh para pendengar podcast (siniar) di Indonesia.

Dalam laporan terbarunya, Spotify menyebut genre ini menunjukkan peningkatan yang stabil di aplikasi streaming tersebut.

Data dari Wrapped Spotify, popularitas genre komedi bahkan terus meningkat, dan bertahan di posisi lima besar siniar di Indonesia, selama dua tahun terakhir.

Mengutip siaran pers, Senin (12/6/2023), pertumbuhan konsumsi genre komedi mengalami peningkatan hingga 91 persen sejak tahun 2019 sampai saat ini, dan terus bertahan sejak tahun 2021.

Para pendengar juga cenderung muda, yaitu mereka yang berusia di bawah 34 tahun. Mereka juga mendominasi audiens dari genre komedi.

Konsep yang diminati oleh para pendengar podcast komedi di Spotify juga beragam, mulai dari stand up, percakapan dengan naskah, hingga absurd.

 


Pertumbuhan Pendengar Podcast Komedi yang Pesat

Ilustrasi aplikasi spotify
Ilustrasi aplikasi spotify. (Photo by Sara Kurfeß on Unsplash)

"Pertumbuhan genre komedi di Indonesia begitu menarik dan mencerminkan budaya nongkrong sehari-hari di Indonesia," ujar Carl Zuzarte, Head of Podcast, Southeast Asia.

"Kami telah melihat pertumbuhan pendengar begitu pesat dan menjadikan komedi sebagai salah satu genre paling banyak didengar di Indonesia," ia menambahkan.

Spotify juga menyebut, setiap harinya, semakin banyak kreator atau podcast komedi ingin menghibur pengguna Tanah Air di platform streaming tersebut.

Menurut perusahaan, melalui podcast, para kreator menemukan cara alternatif untuk menggambarkan situasi yang kocak dan menggelikan, sehingga membuat pendengarnya tertawa dan terhibur.

 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya