Telkom Melalui BigAssistant: AI Adalah Kunci Masa Depan

Telkom yakin bahwa teknologi AI adalah kunci masa depan. Melalui BigAssistant, perusahaan ingin memastikan semua elemen memiliki akses ke platform yang dapat memberdayakan pelanggan.

oleh Iskandar diperbarui 27 Sep 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 21:00 WIB
AI
Ilustrasi AI. (Foto: Unsplash/Mohamed Nohassi)

Liputan6.com, Jakarta- PT Telkom Indonesia (Telkom) melalui visi 'AI for the Nation', terus mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang berdampak luas bagi bisnis, masyarakat, dan negara.

Salah inovasi yang ditawarkan Telkom adalah BigAssistant, memanfaatkan kemampuan Generative AI untuk menghadirkan interaksi percakapan yang lebih cerdas, relevan, dan personal.

EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, mengatakan perusahaan meyakini bahwa teknologi AI adalah kunci masa depan. Melalui BigAssistant, Telkom ingin memastikan semua elemen memiliki akses ke platform yang dapat memberdayakan pelanggan.

"Dengan kemampuan yang terus diperbarui dan diperluas, BigAssistant mendukung pengguna dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” kata Budi, melalui keterangan resminya, Jumat (27/9/2024).

BigAssistant hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan teknologi chatbot AI, yang memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban lebih kontekstual sesuai kebutuhan.

Fitur unggulan seperti Multidata Knowledge memungkinkan BigAssistant menerima dan mengolah data dari berbagai sumber, termasuk dokumen teks, gambar, data tabular, URL website, hingga integrasi API.

Fitur tersebut memastikan pengelolaan data yang lebih komprehensif, memberikan nilai tambah bagi pengguna dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bantu Perusahaan Kurangi Jejak Karbon

Kemampuan Multichannel Endpoint juga memastikan aksesibilitas yang tinggi, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan BigAssistant melalui berbagai saluran seperti WhatsApp, aplikasi BigAssistant, dan Telegram.

Ada pula fitur Knowledge Reference yang bisa menyertakan sumber data dalam setiap jawaban, juga menjamin keabsahan dan transparansi informasi, untuk membangun kepercayaan yang lebih tinggi dengan pelanggan dan publik.

"Dalam berbagai skenario seperti layanan pelanggan, pencarian informasi, atau tugas-tugas operasional yang kompleks, BigAssistant membantu meningkatkan efisiensi dengan mengotomatisasi proses, mengurangi beban kerja manual, dan memungkinkan fokus pada tugas-tugas strategis lainnya," Budi menjelaskan.

Tak hanya itu, penggunaan BigAssistant juga mengotomatisasi banyak proses dan mengurangi ketergantungan pada intervensi manual, sehingga membantu perusahaan dan instansi mengurangi jejak karbon.

Juga mendukung praktik bisnis dan pelayanan yang lebih ramah lingkungan, serta memastikan operasional yang efisien.

BigAssistant dari BigBox yang berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital, terus membuktikan diri sebagai solusi AI yang efektif dan dapat diandalkan bagi berbagai jenis bisnis serta layanan publik.

 


Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya