Yunani Bangkrut, RI Harus Waspadai Ekonomi Eropa Melambat

Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop menuturkan, Indonesia harus waspada terhadap potensi pemulihan ekonomi Eropa melambat.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 08 Jul 2015, 15:50 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2015, 15:50 WIB
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi 2
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Kasus gagal bayar utang Yunani kepada para kreditor menandakan suramnya ekonomi Negeri Para Dewa itu. Kebangkrutan Yunani akan memperlambat pemulihan ekonomi Eropa dari badai krisis dan kondisi tersebut berdampak ke Indonesia.

Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop mengungkapkan, letak geografis Yunani dan Indonesia yang cukup jauh membuat negara ini tidak terpengaruh langsung akibat gagal bayar utang Yunani.

"Indonesia sangat jauh dari Yunani, saya tidak melihat risiko langsung dari Yunani ke Indonesia," tegas dia usai Laporan Indonesia Economic Quarterly di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Namun Diop mengimbau Indonesia agar waspada terhadap potensi melambatnya pemulihan ekonomi Eropa karena krisis Yunani.

"Jika krisis Yunani berlarut-larut dan berdampak pada pemulihan ekonomi kawasan Eropa yang masih sangat rapuh. Inilah risiko negara-negara berkembang di dunia karena kawasan Eropa menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi dunia," ujar Diop.

Di sisi lain, pemerintah Indonesia optimistis dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen pada 2015.

Pelaksana Tugas Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara yakin realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II diproyeksi mencapai 5 persen, kuartal III sebesar 5,4 persen dan 5,7 persen di kuartal akhir 2015.

"Ada 50 prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di meja saya, di antaranya dari Bank Indonesia 5 persen-5,4 persen, Bank Dunia 4,7 persen, ADB 5 persen dan OECD memproyeksikan 4,9 persen. Tapi biarkan saja, yang penting kita harus percaya diri terhadap kemampuan ekonomi kita," harap Suahasil.  (Fik/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya