7 Cara Cerdas Hindari Penipuan Kartu Kredit

Praktis dan cepat merupakan alasan mengapa orang banyak menggunakan kartu kredit. Namun bukan berarti bahwa hal ini terbebas dari resiko

oleh Vina A Muliana diperbarui 12 Agu 2016, 12:31 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2016, 12:31 WIB
7 Cara Cerdas Hindari Penipuan Kartu Kredit
7 Cara Cerdas Hindari Penipuan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan oleh orang. Praktis dan cepat merupakan alasan mengapa orang banyak yang menggunakan kartu kredit.

Walau begitu, tidak berarti hal ini dapat terbebas dari resiko. Terjerat penipuan salah satunya. Penipuan kartu kredit merupakan tindakan kriminal yang marak terjadi. Hal ini dapat merugikan Anda.

Melansir credit.about.com, Jumat (12/8/2016), berikut 7 cara cerdas hindari penipuan kartu kredit:

1. Simpan di tempat aman

Simpan kartu kredit Anda di tempat yang aman. Pastikan kalau tempat penyimpanan tersebut akan sulit untuk dicuri. Sediakan juga satu kantong di dompet Anda untuk menyimpan kartu kredit dengan baik.

2. Sobek dokumen rahasia tentang kartu kredit

Dokumen seperti nomor pin, data pribadi ataupun tagihan setiap bulannya akan lebih baik apabila Anda menyimpannya di satu tempat tertentu. Kalaupun Anda ingin membuang dokumen tersebut, sobek dan potong-potong dahulu lah kertas yang ada. Ini akan menghindari penyalahgunaan informasi yang tertera dalam kertas tersebut.

3. Jangan tanda tangan struk kartu kredit kosong

Ada kalanya Anda akan dimintai tanda tangan untuk menyetujui sebuah aturan tertentu. Sebelum membubuhkan tanda tangan, pastikan kembali bahwa informasi yang tertera sudah jelas. Pastikan juga bahwa formulir tersebut bukanlah struk kosong kartu kredit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan berikan informasi

4. Jangan berikan informasi kartu kredit

Rahasiakan informasi kartu kredit pada siapapun. Jangan mengumbar data-data yang Anda miliki dengan sengaja. Selain merugikan Anda, hal ini juga bisa menjadi alat untuk melakukan tindakan kriminal pada Anda.

5. Hati-hati di dunia online

Kartu kredit juga merupakan salah satu metode pembayaran efektif apabila Anda berbelanja di dunia online. Walau begitu, Anda harus tetap berhati-hati. Jangan sampai Anda justru membelanjakan kartu kredit lewat website tidak kredibel yang dapat memakai informasi kartu kredit Anda secara tidak bertanggung jawab.


Segera laporkan kartu hilang

6. Laporkan kartu hilang dengan segera

Apabila kartu kredit yang Anda miliki hilang, pastikan Anda melaporkan hal tersebut dengan segera. Anda dapat langsung meminta untuk memblokir kartu kredit sehingga tidak dapat dipakai sembarangan.

7. Cek tagihan setiap bulan

Banyak modus yang dapat dilakukan oleh penipu kartu kredit. Anda mungkin tidak tahu bahwa kartu kredit Anda sedang dibobol dari tempat tertentu. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda selalu mengecek tagihan kartu kredit yang dikirimkan pada Anda setiap bulan. (Vna/Ndw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya