Ingin Dapat Beasiswa Kuliah? Coba 3 Tips Ini

Semua orang tahu bahwa kuliah di perguruan tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

oleh Dhita Koesno diperbarui 13 Apr 2017, 05:28 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2017, 05:28 WIB
Girls, Mau Dapat Beasiswa dan Wujudkan Mimpimu? Ini Triknya!
Girls, Mau Dapat Beasiswa dan Wujudkan Mimpimu? Ini Triknya!

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tahu bahwa kuliah di perguruan tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa kuliah secara gratis. Ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan demi mendapatkan pendidikan lebih lanjut di perguruan tinggi.

Seperti diketahui ada 3 macam beasiswa untuk kuliah yang tersedia yakni beasiswa yang berasal dari perguruan tinggi, beasiswa yang berasal dari pemerintah dan beasiswa dari pihak swasta baik dalam maupun luar negeri.

Melansir laman wsbtradio.com, berikut ini tiga tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah:

Lihat Peluang

 Jika biasanya kamu mencari beasiswa hanya berfokus pada satu perguruan tinggi atau instansti tertentu, namun sudah sering mencoba tetap gagal, sebaiknya ubah model pencarian. Banyak tempat lain yang menawarkan beasiswa, lihat peluang di beberapa tempat lainnya yang sesuai minat dan bidang kamu.

Rajinlah bertanya misalnya di bagian tata usaha sekolah atau kampus. Jika ada, manfatkan peluang tersebut, yang penting harus rajin-rajin mencari informasi dan peluang beasiswa.

Tambah Porsi Belajar

Jika peluang mendapat beasiswa dari sekolah atau perguruan tinggi tak tercapai, maka kamu bisa mencari di tempat lain, karenanya tambah porsi belajar agar kesempatan lulus beasiswa juga semakin besar.

Selain itu carilah tempat kuliah yang peminatnya paling sedikit, karena cara ini juga bisa meningkatkan kemungkinan kamu untuk meraih beasiswa.

Bersahabat dengan Website

Informasi beasiswa saat ini sudah jarang disiarkan melalui papan pengumuman, apalagi jaman sekarang di mana semuanya serba online, untuk itu kamu harus bersahabat dengan dunia internet.

Banyak informasi beasiswa yang disebar melalui website, rajinlah berselancar di dunia maya dan selalu perbarui informasi CV yang sudah kamu buat agar selalu update dan sewaktu-waktu diperlukan dalam keadaan mepet kamu tidak pusing lagi dengan urusan CV.

Selamat mencoba!​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya