Inflasi Akan Tetap Terjaga di Level Rendah

Bank Indonesia memperkirakan inflasi tetap berada pada sasaran yaitu 3,5 persen plus minus 1 persen (yoy).

oleh Merdeka.com diperbarui 27 Sep 2018, 19:58 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2018, 19:58 WIB
Inflasi Bulan Maret 2018 Sebesar 0,20 Persen
Pedagang melayani seorang pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (3/4). Badan Pusat Statistik juga mencatat inflasi tahun ke tahun (year on year) mencapai 3,4 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat inflasi tetap terkendali pada level yang rendah dan stabil.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, Indeks Harga Konsumen (IHK) mencatat deflasi 0,05 persen (mtm) pada Agustus 2018, setelah pada Juli 2018 mencatat inflasi 0,28 persen (mtm).

Dia menjelaskan inflasi yang terkendali pada Agustus 2018 terutama bersumber dari deflasi kelompok volatile food dan administered prices. "Serta ditopang melambatnya inflasi inti," kata Perry di kantornya, Kamis (27/9/2018).

Dengan perkembangan tersebut, Perry yakin inflasi secara tahunan mencapai 3,20 persen (yoy), relatif stabil dibandingkan kondisi pada bulan sebelumnya sebesar 3,18 persen (yoy).

Kelompok volatile food mencatat deflasi seiring koreksi harga beberapa komoditas pangan. Kelompok administered prices kembali mengalami deflasi terutama karena koreksi tarif angkutan udara.

Inflasi inti tetap terkendali sebesar 0,30 persen (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan lalu sebesar 0,41 persen (mtm).

"Terkendalinya inflasi inti tidak terlepas dari konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi, termasuk dalam menjaga pergerakan nilai tukar sesuai fundamentalnya," ujar Perry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Inflasi Terjaga di 3,5 Persen

Inflasi Bulan Maret 2018 Sebesar 0,20 Persen
Pedagang mengambil bumbu di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (3/4).Badan Pusat Statistik mencatat inflasi Bulan Maret 2018 sebesar 0,20 persen sehingga inflasi tahun kalender mencapai 0,99 persen (year to date). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ke depan, inflasi diperkirakan tetap berada pada sasaran inflasi 2018, yaitu 3,5 persen plus minus 1 persen (yoy).

Dia menegaskan Bank Indonesia dan Pemerintah akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dalam pengendalian inflasi sehingga inflasi tetap terjaga pada level yang rendah dan stabil.

"Intinya, tekanan inflasi tetap rendah sehingga untuk akhir tahun ini diperkirakan inflasinya cenderung dibawah titik tengah sasaran 3 setengah persen," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya