Pesan Erick Thohir Saat Resmikan Desa Wisata Lokal di Bogor

Menurut paparan Erick Thohir, berdasarkan data sebesar 78 persen pariwisata yang ada berasal dari pariwisata lokal.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Okt 2021, 13:40 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2021, 13:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi meresmikan Wisata Situ Lebak Wangi Kamis (7/10/2021). (Foto : Andri /Humas Kemendes PDTT)
Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi meresmikan Wisata Situ Lebak Wangi Kamis (7/10/2021). (Foto : Andri /Humas Kemendes PDTT)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan destinasi wisata lokal baru di Desa Pamegarsari, Kabupaten Bogor. Dia ingin wisata lokal menjadi kekuatan di Indonesia.

Turut mendampingi Bupati Bogor Ade Yasin, dan Wakil Menteri Desa Budi Arie. “Wisata lokal harus menjadi sebuah kekuatan yang harus kita apresiasi,” jelas Erick pada saat memberikan sambutan usai acara peresmian seperti dikutip dari instagramnya @erickthohir, Jumat (8/10/2021).

Destinasi lokal tersebut dikunjungi dan dinikmati pertama kali langsung oleh tokoh dan pihak terkait menggunakan kapal. Dengan menyusuri setiap titik lokasi destinasi yang telah usai dibangun.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dan elemen masyarakat yang telah berkolaborasi mewujudkan desa wisata ini,” tulis Erick dalam unggahannya.

Video berdurasi 59 detik tersebut memberikan gambaran singkat mengenai wisata desa lokal dan acara peresmian yang tengah dilaksanakan. Pembangunan tersebut ditujukan untuk meningkatkan pariwisata lokal di Indonesia.

Menurut paparan Erick sendiri, data yang diterima tercatat 78 persen pariwisata yang ada berasal dari pariwisata lokal.

Melihat peluang tersebut, sebagai perwakilan dari pemerintah, Kementerian BUMN berencana untuk membangun beberapa titik wisata lokal.

Tak hanya itu, perencanaan ini sejalan dengan komitmen mengenai alokasi anggaran corporate social responsibility (CSR) untuk penanganan COVID-19 yang berfokus pada kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hijau.

“Harapan kita bersama, dengan dibangunnya kawasan Desa Wisata dibangunnya kawasan Desa Wisata, dapat menjadi berkah bagi warga Desa Pamegarsari dan sekitarnya,” tutup Erick.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Lebih Dalam

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan destinasi wisata lokal baru di Desa Pamegarsari, Kabupaten Bogor.

Lokasi wisata tersebut merupakan wisata air yang selama ini tidak dimanfaatkan secara maksimal dan fasilitas yang dimiliki juga belum memadai. Akan menjadi wajar bila tidak terlalu banyak pengunjung yang hadir untuk berkreasi.

Wisata tersebut dapat dinikmati para pengunjung dengan menaiki perahu untuk mengelilingi situ dan melihat pemandangan sekitar.

Tidak hanya itu saja, wisata tersebut juga menyuguhkan kuliner yang juga bisa dicicipi para pengunjung.

Menurut Budi Arie, desa wisata akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Untuk itu, pemerintah yang didukung berbagai pihak terkait berfokus pada pertumbuhan lokasi desa wisata di berbagai daerah.

“Pengembangan desa wisata merupakan realisasi dari janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dapat meningkatkan perekonomian di desa,” jelas Budi.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya