ADB Pangkas Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Negara Asia Gara-gara Omicron

ADB memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi negara Asia seiring kemunculan varian omicron dan meningkatnya infeksi virus corona di dunia.

oleh Tira Santia diperbarui 15 Des 2021, 21:23 WIB
Diterbitkan 15 Des 2021, 09:02 WIB
FOTO: Corona Mereda, Kota Terlarang China Kembali Dibuka
Para pengunjung mengenakan masker saat mengunjungi Kota Terlarang, Beijing, China, Jumat (1/5/2020). Kota Terlarang kembali dibuka setelah ditutup lebih dari tiga bulan karena pandemi virus corona COVID-19. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Liputan6.com, Jakarta Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ ADB) memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi bagi negara berkembang Asia.

Prediksi diubah seiring kemunculan varian omicron dan meningkatnya infeksi virus corona secara global menunjukkan bahwa pandemi masih jauh dari selesai.

Produk domestik bruto Asia diramal tumbuh 7 persen tahun ini, turun sedikit dari perkiraan awal sebesar 7,1 persen pada September.

Ini mengutip Asian Development Outlook Supplement yang dirilis ADB melansir Bloomberg, Rabu (15/12/2021).

Ekspansi dikatakan akan menandai pembalikan arah dari kontraksi 0,1 persen pada tahun lalu, dan berada pada posisi moderat menjadi 5,3 persen pada 2022. Masih, prediksi pertumbuhan ekonomi ini lebih lambat dari perkiraan sebelumnya sebesar 5,4 persen.

“Asia yang sedang berkembang diperkirakan akan mempertahankan rebound kuatnya seperti yang diperkirakan pada bulan September,” mengutip penjelasan ADB.

Namun dikatakan jika kemunculan varian virus corona omicron yang sangat bermutasi baru-baru ini adalah pengingat penting yang harus diperhatikan jika pandemi kemungkinan masih berlanjut.

China, ekonomi terbesar di kawasan ini, diperkirakan akan tumbuh lebih lambat sebesar 8 persen pada 2021 ini dan diramal tumbuh 5,3 persen di 2022.

Kemudian pertumbuhan ekonomi India diturunkan menjadi 9,7 persen untuk tahun fiskal yang dimulai 1 April 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Asia Tenggara

Kasus COVID-19 di Malaysia Tembus 2 Juta
Sebuah LRT (Light Rain Transit) melewati papan bendera Nasional di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (14/9/2021). Malaysia pecah rekor tembus dua juta kasus Covid-19 dengan tambahan 15.669 kasus Selasa (14/9/2021). (AP Photo/Vincent Thian)

Prospek Asia Tenggara juga dipangkas menjadi 3 persen untuk tahun 2021 di tengah ekspektasi pertumbuhan yang lebih lambat di Malaysia dan Vietnam.

"Pendekatan Covid-zero Beijing dapat sangat mengganggu kegiatan ekonomi, sementara gelombang infeksi baru dapat membalikkan pembukaan kembali di banyak negara," kata ADB. Pembatasan perjalanan juga meredam prospek pertumbuhan ekonomi yang bergantung pada pariwisata, katanya.

Di sisi lain, inflasi regional disebut tetap terkendali, dengan perkiraan direvisi turun menjadi 2,1 persen untuk 2021 dan tidak berubah sebesar 2,7 persen pada 2022. Kondisi ini akan memungkinkan kebijakan moneter tetap mendukung.

Namun, risiko kenaikan inflasi dapat mendorong AS untuk mengetatkan kebijakan moneter lebih awal dan memicu volatilitas keuangan.

Dikatakan jika sebagian besar negara berkembang di Asia telah meningkatkan peluncuran vaksin mereka, tetapi kemajuannya masih sangat bervariasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya