Rayakan Idul Fitri, Menko Airlangga Berdoa Indonesia Jadi Lebih Maju dan Adil

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan selamat Idul Fitri 1443 H.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 02 Mei 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2022, 12:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech secara virtual pada acara Webinar Akselerasi Inklusi Keuangan Digital Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Kamis (7/04/2022).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech secara virtual pada acara Webinar Akselerasi Inklusi Keuangan Digital Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Kamis (7/04/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan selamat Idul Fitri kepada seluruh umat islam di Indonesia.

Ucapan selamat Idul Fitri itu ia sampaikan dalam sebuah unggahan di laman Instagram resminya pada Minggu (1/5/2022). 

"Kepada seluruh Umat Islam di Tanah Air, dalam kapasitas sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, juga sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H," tulis Airlangga Hartarto dalam unggahannya di Instagram, dikutip Senin (2/5/2022). 

"Minal Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, taqabbal Yaa Kariim," tuturnya. 

Menko Airlangga pun berharap, pada Lebaran kali ini, masyarakat sama-sama mendoakan untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang.

"Saling peduli, saling kasih, saling bantu, saling mendoakan, untuk Indonesia yang lebih maju, adil, sejahtera, damai dan berkah," ujarnya. 

Selain sebagai Menko Bidang Perekomonian, Airlangga Hartarto juga menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri bersama keluarganya. 

Dalam unggahan di platform yang sama, Airlangga sebelumnya sudah mengunggah ucapan selamat Idul Fitri dengan menyertakan foto dirinya bersama sang istri, Yanti Isfandiary. 

"Saya dan Ibu Yanti, beserta seluruh keluarga, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin," tutur Airlangga.

Ia melanjutkan dengan menyampaikan harapannya, "Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita, menjadikan kita termasuk ke dalam orang-orang yang bertakwa".

"Di hari yang fitri, jangan lupa kita doakan para orang tua kita, keluarga dan saudara, sahabat dan orang-orang yang kita sayangi, alim ulama, kaum Muslimin dan Muslimat, para pemimpin, dan seluruh warga bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini," tambahnya.

"Insya Allah Indonesia sehat, sejahtera, rukun, aman sentosa dan berkah senantiasa, aamiin YRA," tutup Airlangga.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Ucapkan Selamat Raya Idul Fitri 1443 H, Ini Harapan Sri Mulyani

Sri Mulyani Letakkan Batu Pertama Pembangunan Indonesia Financial Center
Sri Mulyani Letakkan Batu Pertama Pembangunan Indonesia Financial Center.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menjadi salah satu figur publik yang menyampaikan sambutan Hari Raya Idul Fitri. 

Ucapan Hari Raya Idul Fitri itu ia sampaikan dalam sebuah unggahan di laman Instagram-nya.

Dalam unggahan itu, terlihat Menkeu membagikan foto dirinya berfoto bersama keluarga.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah. Dengan teriring doa: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمَ. Taqabbalallohu Minna wa Minkum wa taqabbal yaa Kariim. Mohon maaf lahir dan batin," tulis Sri Mulyani di Instagram, dikutip Senin (2/5/2022). 

"Semoga semua rangkaian ibadah Ramadhan kita diridhoi Allah SWT. Insyallah kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan dalam keadaan sehat wal afiat," lanjutnya. 

   View this post on InstagramA post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)Selain Menkeu Sri Mulyani, Menteri BUMN juga menyampaikan sambutan Idul Fitri 1443 H.

"Assalammualaikan Wr Wb. Hari kemenangan telah tiba. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf labir dan batin," tutur Erick Thohir dalam unggahan video di Instagram.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)


Putaran Ekonomi selama Lebaran Ditaksir Capai Rp 47 Triliun

Pasar Tanah Abang kembali ramai pengunjung
Calon pembeli memilih baju di Pasar Tanah Abang, Jakarta, (28/3/2022). Sepekan menjalang bulan suci Ramadan, Pasar Tanah Abang mulai dipadati pembeli yang hendak berbelanja untuk kebutuhan bulan puasa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Libur lebaran 2022 digadang-gadang jadi momentum pertumbuhan ekonomi nasional.

Bahkan, ditaksir ada sekitar Rp 42 triliun uang yang berputar di daerah.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang.

Menurutnya, potensi itu terjadi di berbagai sektor. Serta, mengacu pada jumlah 85,5 juta orang yang akan mudik tahun ini.

"Kita perkirakan akan terjadi perputaran uang paling sedikit Rp 28 triliun, dikisaran Rp 28-42 triliun selama libur Idul Fitri ini," kata dia dalam keterangannya, Minggu (1/5/2022).

Ia menaksir, dengan asumsi jumlah pemudik sebanyak 85 juta orang dan rata rata per keluarga 3 orang maka jumlah yang mudik lebih kurang 28 juta keluarga. Kemudian, jika per keluarga membawa minimal Rp 1 juta, maka uang yang mengalir ke daerah paling sedikit Rp 28 triliun.

"Jika membawa rata-rata Rp 1,5 juta per keluarga maka potensi perputaran dikisaran Rp 42 triliun. Kita menghitung angka yang moderat dan minimal, mengingat sebahagian besar keuangan masyarakat kita masih belum pulih dan belum semua mendapatkan THR," paparnya.

"Namun semangat pulang kampung akibat dua tahun tidak bersilaturahmi menjadi dorongan hati yang tidak dapat terbendung," imbuh Sarman.

Ia menyampaikan, pada momen libur lebaran ini, jadi potensi perputaran uang terbsar. Alasannya, ada aliran dana dari kota ke daerah-daerah tujuan mudik.


Tingginya Animo Mudik Bakal Tingkatkan Perekonomian dan Produktivitas Pengusaha

Jelang Ramadan, Pasar Tanah Abang Ramai
Calon pembeli memilih baju di Pasar Tanah Abang, Jakarta, (28/3/2022). Sepekan menjalang bulan suci Ramadan, Pasar Tanah Abang mulai dipadati pembeli yang hendak berbelanja untuk kebutuhan bulan puasa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tingginya animo mudik ini, menurut Sarman, akan menggerakkan perekonomian daerah dan meningkatkan produktivitas berbagai sektor usaha. Ia pun menjabarkan sektor-sektor yang menyokong perputaran uang ini

"Sektor industri transportasi seperti bus, travel, rental, kereta api, kapal laut, pesawat udara diperkirakan akan mengalami omzet yang signifikan," ujarnya.

"Dalam perjalanan mudik baik dengan memakai kenderaan pribadi, motor dan angkutan umum akan berdampak pada sektor usaha restoran, warung makan, oleh-oleh khas daerah, kebutuhan BBM, tiket tol dan tiket penyeberangan yang ke wilayah Sumatera," terang Sarman.

Sementara itu, sektor usaha di daerah tujuan mudik akan berdampak pada tujuan destinasi wisata, fashion atau baju muslim, UMKM setempat, kuliner, oleh-oleh khas daerah atau souvenir, hotel, hingga kafe.

Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya