Mengecek Mutasi Rekening Secara Berkala Ternyata Penting, Kenapa?

Mengecek mutasi rekening secara teratur dapat memberikan dampak positif dalam aspek finansial Anda.

oleh Fachri pada 21 Jul 2023, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2023, 09:20 WIB
Mutasi Rekening.
Ilustrasi seseorang mengecek mutasi rekening.

Liputan6.com, Jakarta Mengecek mutasi rekening secara teratur dapat memberikan dampak positif dalam aspek finansial Anda. Dengan mengecek mutasi rekening secara teratur, Anda dapat menghitung dan mengkalkulasikan besaran pendapatan dan pengeluaran selama periode tertentu.

Selain itu, mengecek mutasi rekening secara teratur juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti mengontrol keuangan hingga mencegah transaksi yang mencurigakan. Nah, apakah Anda tipe orang yang rajin mengecek mutasi rekening secara teratur? Atau hanya mengecek mutasi rekening di saat-saat tertentu seperti gajian?

Jika Anda hanya mengecek mutasi rekening di saat-saat tertentu saja, alangkah baiknya perbaiki kebiasaan tersebut, ya! Simak manfaat lainnya mengecek mutasi rekening secara teratur di bawah ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengontrol Keuangan Bulanan

Kontrol.
Ilustrasi mengontrol keuangan.

Rajin mengecek mutasi rekening berarti Anda aware berapa uang yang masuk serta ke mana saja uang yang digunakan. Mutasi rekening juga penting dalam usaha mendisiplinkan keuangan.

Selain membuat anggaran keuangan, mencatat dan mengecek mutasi keuangan penting untuk mengontrol keuangan, sehingga tidak lebih pasak daripada tiang, termasuk dalam hal menabung dan investasi.

Mengantisipasi Transaksi Mencurigakan

Transaksi Mencurigakan.
Ilustrasi kejahatan siber.

Mutasi rekening dapat juga bermanfaat guna meminimalkan risiko kecurangan dan penggelapan dana, serta kesalahpahaman dengan pihak lain yang sedang bertransaksi dengan Anda. Mutasi rekening misalnya, penting saat Anda mengalami kendala saat belanja online. Mutasi rekening ini bisa digunakan sebagai bukti telah membayar barang yang Anda beli.

Bisa Digunakan Syarat Pengajuan

Pengajuan.
Ilustrasi pengajuan keuangan.

Tidak hanya sebagai bukti transfer ketika membeli barang secara online, mutasi rekening bisa digunakan sebagai dokumen tambahan ketika Anda akan mengajukan KPR, kredit mobil, dan lainnya. Ketika hendak bepergian ke luar negeri dan membutuhkan visa, kadang juga kamu harus menyertakan berupa mutasi rekening.

Nah, Anda ingin mengecek transaksi keuangan secara berkala? Dengan BRImo Anda bisa unduh transaksi secara mudah kapan pun dan di mana pun. Cek langkah berikut untuk unduh mutasi rekening Anda di BRImo: 

  1. Login aplikasi BRImo
  2. Pilih menu Mutasi lalu pilih tab e-Statement
  3. Klik Buat e-Statement untuk memulai
  4. Isi form berupa nomor rekening, pilih periode mutasi, dan tipe dokumen yang diinginkan (PDF/CSV), lalu klik Buat e-Statement
  5. Klik unduh dan file mutasi sudah tersedia

So, tertarik untuk menikmati kemudahan menggunakan BRImo? Yuk, buka rekening BRI dan daftar BRImo sekarang juga! Info lebih lanjut klik link ini, ya. Segera unduh atau update aplikasi BRImo sekarang juga di AppStore, PlayStore dan Huawei AppGallery!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya