Blusukan di Pasar Bululawang Malang, Jokowi: Harga Pangan Murah Sekali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, harga sejumlah komoditas pangan murah sekali di Pasar Bululawang Malang sehingga inflasi pun terkendali.

oleh Agustina Melani diperbarui 24 Jul 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2023, 14:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungi Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 24 Juli 2023. (Foto: tangkapan layar/Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungi Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 24 Juli 2023. (Foto: tangkapan layar/Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek harga pangan saat blusukan di Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Senin, (24/7/2023).Jokowi menilai, harga sejumlah komoditas pangan murah sekali di pasar itu sehingga inflasi pun terkendali.

"Pagi hari ini saya ingin cek juga harga-harga seperti harga-harga di pasar yang lain, di Kabupaten Malang, saya melihat harga-harga di sini sangat bagus, sangat bagus,” tutur Jokowi, usai meninjau Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi mencontohkan harga pangan yang dalam kategori murah tersebut antara lain daging ayam sekitar Rp 34 ribu per kilogram, bawang merah sekitar Rp 26 ribu per kilogram.

Jokowi menuturkan, harga pangan yang terkendali di Pasar Bululawang itu seiring Kabupaten Malang adalah sentra produksi untuk beberapa komoditas pangan. Ia pun meyakini pasokan komoditas pangan di Kabupaten Malang berjalan baik dan inflasi tetap terjaga.

“Murah sekali di sini, ini saya kira baik karena memang sebagian besar produksinya di Kabupaten Malang. Untuk inflasi artinya di sini terkendali, pasokan baik,” kata dia.

Peninjauan Pasar Bululawang, Kabupaten Malang menjadi agenda kunjungan kerja pertama Jokowi di Jawa Timur pada Senin, 24 Juli 2023. Selanjutnya, Jokowi dijadwalkan meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) di Kantor PT Pindad Perseroan.

Dari Kabupaten Malang, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan menuju Lapangan Korem 083, Kota Malang untuk meninjau pasar rakyat. Dari peninjauan di Pasar Bululawang, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir turut mendampingi Presiden Jokowi.

 


Jokowi Didampingi Prabowo dan Erick Thohir Blusukan di Pasar Bululawang Malang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Pasar Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kali ini Jokowi ditemani Prabowo Subianto dan Erick Thohir.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Pasar Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kali ini Jokowi ditemani Prabowo Subianto dan Erick Thohir.

Sebelumnya, dikutip dari Kanal News Liputan6.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Pasar Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kali ini Jokowi ditemani Prabowo Subianto dan Erick Thohir. Mereka pun disambut meriah oleh para pedagang pasar.

Dalam kunjungan itu, Jokowi memberikan bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada sejumlah pedagang pasar serta mengecek harga-harga di pasar itu seperti daging ayam dan bawang merah.

"Saya cek harga-harga di Kabupaten Malang, saya melihat harga-harga di sini sangat bagus. Saya melihat daging ayam bisa harganya 34.000. Bawang merah juga di harga 26.000, murah sekali di sini," kata Jokowi seperti dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/7/2023).

"Ini saya kira baik karena memang sebagian besar produksinya di kabupaten Malang. Untuk inflasi artinya di sini terkendali, pasokan baik," sambungnya.

Jokowipun menjelaskan alasan Prabowo dan Erick Thohir ikut mendampinginya dalam melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jokowi menyampaikan dirinya bersama Prabowo dan Erick akan mengunjungi di PT. Pindad (Persero) di Kabupaten Malang. Menurut dia, PT Pindad berada di bawah kementerian yang dipimpin Prabowo dan Erick.

"Ini kita mau ke Pindad, ke Kabupaten Malang ini mau ke Pindad. Pindad itu berada di bawah Pak Menteri BUMN Erick Thohir dan di bawah Menhan Pak Prabowo," jelas Jokowi.

Dia menyampaikan kunjungan tersebut dilakukan karena melonjaknya permintaan dari pasar ekspor untuk produk-produk PT Pindad. Untuk itu, Jokowi akan menggelar rapat di PT Pindad bersama Prabowo dan Erick Thohir.

"Jadi kami akan rapat nanti di Pindad dengan Dirut, Komisaris Utama semuanya, ingin memutuskan ke arah mana Pindad ini akan di bawa," katanya.

"Karena memang ada sebuah demand, permintaan yang sangat besar sekali dari luar untuk eksport," sambung Jokowi.

 


Kunjungan Jokowi ke Jawa Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 28 November 2022. (Dok Humas Sekretariat Kabinet RI)

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Senin, (24/7/2023). Jokowi direncanakan meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) di PT. Pindad (Persero).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.05 WIB.

Keberangkatan Jokowi dan Iriana menuju Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta istri, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono beserta istri, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Danlanud Adi Soemarmo, Marsma TNI Agus Setiawan beserta istri, dan Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Ali Akhwan beserta istri.

Setibanya di Malang, Jokowi akan menuju Pasar Bululawang, Kabupaten Malang untuk menyapa sekaligus memberikan bantuan sosial kepada para pedagang di Pasar Bululawang. Setelah itu, dia dijadwalkan meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) di PT. Pindad (Persero).

Dari Kabupaten Malang, Jokowi dan Iriana akan menuju Lapangan Korem 083, Kota Malang guna meninjau pasar rakyat.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

 

Infografis Ekonomi RI Jauh Lebih Baik dari Negara Lain
Infografis Ekonomi RI Jauh Lebih Baik dari Negara Lain (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya