Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh Ludes, Dibuka Lagi 7 Oktober 2023

Tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh dipastikan sudah ludes memenuhi kuota yang ditetapkan

oleh Ilyas Istianur PradityaArief Rahman Hakim diperbarui 04 Okt 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 10:00 WIB
Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh dipastikan sudah ludes memenuhi kuota yang ditetapkan (Yasuyoshi CHIBA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh dipastikan sudah ludes memenuhi kuota yang ditetapkan. Program bagian dari promosi Kereta Cepat Whoosh ini akan kembali dibuka 7 Oktober 2023.

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunnisa menyebut akan ada pembukaan tahap kedua bagi program Whoosh Experience ini. Diketahui, tahap awal tiket kereta cepat dengan harga Rp 0 dimulai pada 3-7 Oktober, pekan ini.

"(Dibuka lagi) nanti tanggal 7 (Oktober)," kata Eva kepada Liputan6.com, Rabu (4/10/2023).

Eva mengatakan semua tiket KA Cepat Whoosh sudah ludes dipesan masyarakat untuk periode 3-7 Oktober 2023. Bahkan, tiket itu habis dalam waktu singkat setelah pendaftaran dibuka.

Ludes Kurang dari 6 Jam

Dia menerangkan, pasca diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), KCIC membuka pendaftaran untuk tiket gratis pada 2 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Namun, tiket Rp 0 Kereta Cepat Whoosh langsung habis di pukul 22.30 WIB di hari yang sama.

"Pendaftaran jam 17.00 dibuka, habis jam 22.30 WIB," ungkapnya.

Informasi, KCIC membuka pendaftaran untuk memesan tiket melalui laman ayonaik.kcic.co.id. Nantinya calon penumpang perlu mengisi data diri yang dibutuhkan. Tiap orang, hanya bisa memesan maksimal 2 tiket Kereta Cepat Whoosh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Daftar

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebagai transportasi penghubung dua venue Piala Dunia U-17 2023, Jakarta dan Bandung, diresmikan Presiden RI Joko Widodo di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023) pagi. (Ist)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh secara gratis. Program Whoosh Experience ini dibuka mulai 3-7 Oktober 2023.

Masyarakat yang ingin mencobanya bisa mengakses laman ayonaik.kcic.co.id. Nantinya, calon penumpang akan diminta mengisi data diri dalam laman tersebut.

Setelah berhasil mendaftar, calon penumpang akan mendapatkan email konfirmasi booking tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 0.

Email konfirmasi booking beserta kartu identitas akan menjadi syarat penumpang naik ke rangkaian KA Cepat Whoosh sesuai jadwal yang dipilih.

"Setiap penumpang hanya dapat melakukan registrasi untuk 2 penumpang dalam setiap transaksi," tulis Instagram @keretacepat_id, dikutip Selasa (3/10/2023).

Perlu dicatat, penumpang yang naik nantinya harus sesuai dengan kartu identitas saat pendaftaran. Kemudian, penumpang harus tiba di stasiun keberangkatan sekitar 60 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Ada 4 relasi perjalanan yang bisa dipilih oleh masyarakat. Yakni, Stasiun Halim-Stasiun Tegalluar, Stasiun Halim-Stasiun Padalarang dan disambung KA Feeder untuk menuju Stasiun Bandung.

Sebaliknya, ada Stasiun Tegalluar-Stasiun Halim, dan Stasiun Bandung via KA Feeder Stasiun Padalarang menuju Stasiun Halim.

 


Jadwal Keberangkatan

Tampilan Kereta Cepat 'Whoosh'
Penggunaan nama Whoosh terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Informasi, ada 8 perjalanan yang disediakan setiap harinya. Yakni, 4 perjalanan dari Stasiun Halim, dan 4 perjalanan lagi dari Stasiun Tegalluar.

Keberangkatan dari Stasiun Halim pertama adalah pukul 08.45 WIB, lalu pukul 09.45 WIB, kemudian pukul 15.35 WIB, serta pukul 17.35 WIB. Seluruhnya akan melayani rute Stasiun Halim-Stasiun Padalarang-Stasiun Tegalluar.

Sementara itu, keberangkatan dari Stasiun Tegalluar pertama pukul 08.45 WIB, lalu pukul 09.45 WIB, kemudian pukul 15.35 WIB, serta pukul 17.35 WIB. Seluruhnya akan melayani rute Stasiun Tegalluar-Stasiun Padalarang-Stasiun Halim.

Kemudian, untuk KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung akan dilayani mulai pukul 09.28 WIB, 10.30 WIB, 16.20 WIB, dan 18.20 WIB. Selain itu, untuk Kereta Whoosh Feeder dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Padalarang akan dilayani mulai pukul 08.22 WIB, 09.22 WIB, 15.15 WIB, dan 17.22 WIB.

 


Ada 600 Kursi Tiap Rangkaian

Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Terakhir, kepala negara juga membawa serta para pegiat seni dan influencers untuk menjajal kereta tersebut. (Yasuyoshi CHIBA / AFP)

Lebih lanjut, mengenai kuota tiket gratis ini, Corporate Secretary KCIC Eva Chairunnisa menyebut itu disesuaikan dengan kapasitan Kereta Cepat Whoosh. Dalam satu rangkaian, kereta api cepat pertama di Indonesia ini mampu mengangkut sekitar 601 penumpang.

"Kapasitasnya itu sampai dengan 601 ketersediaan tempat duduk," ungkap Eva.

Menurut rencana awal, program tiket gratis ini akan dibuka hingga pertengahan Oktober 2023. Kendati, Eva belum bisa memastikan kapan waktu pasti tiket gratis KA Cepat Whoosh ini.

Eva menuturkan, kuota juga mengacu pada ketersediaan di waktu keberangkatan. Jika di tanggal tertentu sudah penuh, Eva mengimbau calon penumpang untuk memilih tanggal keberangkatan lainnya.

"Ya seperti kita beli tiket kereta api jarak jauh. Misalnya kalau kita beli tiket tanggal 5 sudah habis, ya pilih tanggal lainnya," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya